Asian Infrastructure Investement Bank Mulai Beroperasi Awal 2016

Seremoni penandatanganan MOU AIIB tahun lalu.
JAKARTA, JO- Diusulkan pertama kali oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping dua tahun lalu, Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) diharapkan sudah bisa beroperasi tahun 2016.

Seperti dikutip Reuters, hari ini, Menteri Keuangan Tiongkok Lou Jiwei menyebut, pihak bank akan mengadakan upacara pembukaan pada pertengahan Januari dan secara resmi memilih presiden yang akan memimpin AIIB.

Pembentukan Asian Infrastructure Bank datang setelah 17 anggota pendanaan dari AIIB, yang mencakup lebih dari 50 persen dari modal saham, meratifikasi perjanjian tersebut.

Presiden AIIB terpilih Jin Liqun menyebut, pada tahap awal, bank ini akan fokus pada pembiayaan proyek-proyek di listrik, transportasi, dan infrastruktur perkotaan di Asia.

Bank ini disebut-sebut menjadi salah satu keberhasilan kebijakan luar negeri terbesar Tiongkok.

Uniknya, sekutu utama Amerika Serikat (AS) seperti Australia, Inggris, Jerman, Italia, Filipina, dan Korea Selatan telah menyatakan diri untuk bergabung. (jo-4)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.