Vincentius Sitinjak


SAMOSIR, Jakartaobserver.com-
Rekapitulasi Suara dan Penetapan Hasil Pemilu 2024 Kabupaten Samosir di tingkat kecamatan digelar oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Onan Runggu, Palipi dan Nainggolan.
 
Menurut Ketua KPU Samosir Vincentius Sitinjak, sisa enam kecamatan yang belum menggelar rekapitulasi harus dilakukan paling lambat hari Senin (19/2/2024) hari ini.

Seluruh PPK harus sudah menggelar rekapitulasi paling lambat hari Senin mendatang, sebenarnya ada yang merencanakan hari Minggu tapi diundur jadi Senin," ujar Vincentius Sitinjak melalui selulernya pada Sabtu (17/2/2024).

Ada enam kecamatan yang belum melakukan rekapitulasi yaitu Kecamatan Pangururan, Simanindo, Ronggur Nihuta, Sianjurmula, Harian dan Sitiotio.


"Adapun kendala tertundanya PPK menggelar esok hari karena faktor Minggu adalah hari beribadah serta belum melakukan koordinasi dengan PPS dan Saksi Partai Parpol," ujar Vincentius.

Rencananya, ada beberapa kecamatan yang akan melakukan rekapitulasi penghitungan suara dengan model dua panel sehingga lebih menghemat waktu.

"Untuk menghemat jumlah hari rekapitulasi, akan digelar dua panel di kecamatan yang mempunyai TPS yang banyak, tapi kendala nya harus ada dua admin yang harus mempunyai akun yang dikeluarkan langsung dari KPU RI," tambahnya.

Saat ini, rekapitulasi di Kecamatan Palipi menjadi salah satu sampel penggunaan aplikasi SiRekap oleh KPU RI dengan melakukan live yang langsung diakses oleh KPU RI. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.