Bupati Samosir Inpekstur Upacara Peringati Hari Libur Pancasila

Bupati Vandiko T Gultom

PANGURURAN, Jakartaobserver.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, Kamis (01/06/2023).
 
Upacara dihadiri Forkopimda Kabupaten Samosir, pimpinan OPD se-Kabupaten Samosir, para Staf Ahli, para asisten, para camat, pimpinan instansi vertikal BUMN/BUMND se-Kabupaten Samosir, Ormas, TP PKK, DWP, personil TNI/Polri, jajaran staf Pemkab Samosir serta pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 mengangkat tema “Gotong royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".
 
Hari Lahir Pancasila tepat pada tanggal 1 Juni 1945, genap 78 tahun setelah adanya deklarasi hasil BPUPKI yang menyatakan Pancasila ditetapkan sebagai dasar filosofi bagi bangsa Indonesia.
 
Dalam amanatnya, Bupati Samosir membacakan sambutan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), menyampaikan dengan peringatan hari lahir Pancasila mampu memberikan semangat pembaharuan bagi setiap pribadi bangsa yang dapat diimplementasikan dengan tindakan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
 
Melalui momentum ini, Gubsu mengajak seluruh peserta dan masyarakat untuk merajut kebersamaan dan hidup dalam kerukunan serta kebhinekaan dalam bingkai Pancasila yang merupakan ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Nilai luhur Pancasila perlu dibumikan kembali melalui berbagai kegiatan di lingkungan masyarakat. Di tengah keberagaman dan tatanan kehidupan yang heterogen, pengamalan serta penghayatan nilai-nilai luhur Pancasila sangat penting sebagai upaya merekatkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

 Reaktualisasi Pancasila perlu untuk memperkuat paham kebangsaan ditengah lautan zaman yang penuh tantangan.
 
Ditambahkan, sebagai sebuah tata nilai luhur, Pancasila perlu diaktualisasikan dalam tataran praksis yang lebih membumi sehingga mudah diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan.
 
Mari bersama-sama membangun jiwa semangat 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, agar cita-cita pembangunan dapat berdaya guna dan berhasil guna untuk Indonesia khususnya Sumatera Utara,” tambah Gubsu.
 
Dalam kesempatan ini, Gubsu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta menyukseskan Pilkada serentak secara damai, aman dan lancar. Tidak mudah terpancing isu hoax, jajaran kebencian dan radikalisme.(josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.