Kadis Pendidikan dan Pemuda Olah Raga Kabupaten Samosir Johson Gultom, SPd memberikan sambutan.

PANGURURAN, Jakartaobserver.com- Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, Gugus Tujuh Kecamatan Pangururan melaksankan dan memperingati Hardiknas dengan melakukan perlombaan guna memeriahkan Hardiknas.
 
Kegiatan yang dilaksankan di lapangan upacara SDN 10 Lumban Suhi Suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (04/5/2023).
 
Gugus Tujuh adalah salah satu gugus sekolah dari sembilan) Gugus Sekolah yang ada di Kecamatan Pangururan. Gugus Sekolah merupakan kumpulan dari tiga sampai delapan SD yang berada dalam lingkungan terdekat.
 
Adapun yang masuk kedalam Gugus Tujuh Kecamatan Pangururan empat sekolah dasar diantaranya SDN 10 Lumban Suhi Suhi Toruan dengan kepala Sekolah Monitaria Sihombing, SDN 11 Hutabolon Romanus Purba, SDN 26 Situngkir Nora Sitanggang , dan SDN 22 Lumban Suhi Suhi Toruan Juliana Rita Tampubolon.
 
Juliana Rita Tampubolon kepala Sekolah SDN 22 Lumban Suhi Suhi Toruan menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati dan memeriahkan HARDIKNAS diadakan beberapa perlombaan diantaranya, Lomba Aksara Batak Toba antar guru dan antar siswa, lomba memasak bahan dasar ikan jahir,Lomba bidang olahraga (Jalengkat, terompa, lari goni, jujung botol) dan juga ada beberapa hiburan yang ditampilkan dari sekolah yang ada di Gugus Tujuh Kecamatan Pangururan.
 
Kegiatan akan dihadiri Kepala Dinas, Kepemudaan dan Olahraga Kabupten Samosir Jonson Gultom,SPd, Korwas Oldes Sinurat dan Tim penguji Nurdin Sumarno bersama tim," Ujar Juliana Rita Tampubolon.

Kehadiran Kepala dinas pendidikan pemuda dan Olahraga Jonson Gultom bersama rombongan disambut tari tarian dan musik uning uningan( Alat musik khas Batak Toba) dimana alat musik yang ditampilakan dari Siswa SDN 22 Lumban Suhi Suhi Toruan, Kedatangan Rombongan Kadis Pendidikan disambut salah satu Siswa SDN 22 Lumban Suhi Suhi Toruan dengan memakai dialek bahasa Batak Toba dengan menggabungkan pantun dalam bahasa Batak.
 
Kepala dinas pendidikan pemuda dan Olahraga dikegiaatan tersebut sangat mengapresiasi akan kemampuan para siswa/ I yang berada di gugus 7 kecamatan Pangururan, Serta menyampaikan rasa bangga akan sekolah yang berada di Gugus Tujuh kecamatan Pangururan, Pda kesempatan itu Para kepala sekolah memberikan cendramata Berupa miniatur rumah adat Batak Toba.
 
Kepala dinas pendidikan pemuda dan olahraga juga memberikan Cendramata berupa alat peraga aksara batak kepada Sekolah yang masuk ke Gugus Tujuh.
 
"Saya sangat mengappresi SD yang masuk ke Gugus Tujuh ini, dimana Gugus Tujuh dapat melaksanakan tema di Hardiknas “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar,”.Ucap Jonson Gultom, SPd dalam sambutannya.
 
Kepala dinas pendidikan juga menyampaikan bahwa tema Hardiknas sesuai dengan yang tertuang dalam Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.(josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.