Hari Guru dan HUT 77 PGRI Sarana Peningkatan Profesionalisme dan Pengabdian

Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022

LUBUK PAKAM, Jakartaobserver.com- Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022, sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2022, hendaknya menjadi pengingat dan penggiat untuk terus meningkatkan profesionalisme, pengabdian dan karya nyata bagi bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Deli Serdang.
 
Hal ini disampaikan Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada Puncak Peringatan Guru Nasional Tahun 2022 dan HUT ke-77 PGRI serta Pameran Pendidikan Deli Serdang Tahun 2022 di Gedung Olahraga (GOR) Kecamatan Lubuk Pakam, Kamis (15/12/2022).
 
"Kata kunci dari tema kegiatan ini adalah inovasi dan merdeka belajar. Inovasi adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi. Saat ini, kita telah melewati fase kritis yaitu pandemi Covid-19, membawa dampak negatif yang berpengaruh bagi keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan, perekonomian, sosial masyarakat dan seluruh sektor salah satunya dunia pendidikan. Dengan tema, Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar ini, saya berharap kita dapat menyelaraskan diri atas ide tersebut. Dengan cara yang humanis dalam konteks kondisi geografis maupun sosio-kultural di sini," kata Bupati.
 
Inovasi, lanjut Bupati, yang dilakukan harus sesuai kurikulum dan modifikasi melalui literasi terbaru dari buku-buku terbaru pula. Hal itu terbukti efektif dan efisien dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19 dan tantangan lain ke depannya.Sedangkan, merdeka belajar merupakan kata-kata yang di dalamnya terdapat semangat dan citra pendidikan Indonesia di masa depan.

Dinas Pendidikan sebagai organisasi perangkat daerah yang mengelola pelayanan bidang pendidikan berperan aktif mengikuti rangkaian episode merdeka belajar. Hal ini tentu merupakan ikhtiar untuk mewujudkan pelayanan pendidikan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat Deli Serdang.
 
Sejalan dengan inovasi yang telah dilakukan, kata Bupati lagi, Pemkab Deli Serdang, selalu memikirkan inovasi pelayanan pendidikan yang terbukti dengan raihan penghargaan Top Terpuji 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan Rb), yang diserahkan Menteri PANRB, pada 6 Desember 2022 lalu di Jakarta.
 
Inovasi-inovasi tersebut, antara lain Kas Anak Kasir, Anak Pelorena, Anak Lapas, Anak Panji, Anak Kasir Mengaji: Sebuah Model Pemberdayaan Anak Marjinal.
 
"Penghargaan tersebut merupakan bukti Kabupaten Deli Serdang merupakan kabupaten yang hebat dan berprestasi. Oleh karenanya, saya berharap penghargaan ini tidak hanya sebatas piala dan sertifikat, tetapi lebih dari itu, penghargaan ini dapat dijadikan sebagai stimulan dalam meningkatkan kinerja, kebersamaan, kekompakan, sinergitas untuk selalu mengupayakan dan mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat di semua bidang pelayanan publik," tegas Bupati.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Deli Serdang, Yudi Hilmawan SE MM dalam laporannya menyampaikan, Puncak Peringatan Hari Guru nasional dan HUT ke-77 PGRI dilaksanakan, pada 3 Desember 2002 lalu di Kota Semarang yang dihadiri Presiden dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan serta Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.
 
"Pada usia 77 ini, PGRI harus konsisten sebagai mitra pemerintah dalam pendidikan dan budaya. Ini telah menjadi inspirasi dan semangat juang guru Deli Serdang untuk mengabdi dengan kreativitas dan inovatif," ujar Kadisdik.
 
Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar; Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto; Sekdakab Deli Serdang H Timur Tumanggor, SSos MAP; Ketua PGRI Sumatera Utara Drs Abdul Rahman Siregar; Ketua PGRI Deli Serdang H Jumakir, MPd; Ketua LBKH PGRI Deli Serdang Muriadi, SH, MPd; Ketua FKUB Deli Serdang H Waluyo; Kepala Loka Rehabilitasi BNN Deli Serdang Heru Herlambang SAp, perwakilan Polresta Deli Serdang, BNN Deli Serdang, dan Kejari Deli Serdang; para pimpinan OPD, camat, serta para guru dan undangan lainnya. (Jun)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.