Dosen Ilmu Komunikasi UNJ Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Ciliwung

Kegiatan pengabdian masyarakat di Ciliwung yang dilakukan dosen Ilmu Komunikasi Uniersitas Negeri Jakarta (UNJ).

JAKARTA, Jakartaobserver.com- Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Ciliwung, Jakarta. Lokasi tepatnya di Jalan Arus, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat binaan di wilayah Sungai Ciliwung, Jakarta Selatan.
 
Dosen Ilmu Komunikasi UNJ Wiratri Anindhita memberikan tema pelatihan mengenai teknologi digital sebagai media promosi bisnis wisata. Kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakaat di sekitar sungai Ciliwung.
 
”Masyarakat binaan di wilayah Sungai Ciliwung ini diberikan pelatihan agar dapat memanfaatkan media digital untuk membantu mempromosikan destinasi wisata susur sungai,” katanya.
 
Melalui pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan promosi wisata susur Sungai Ciliwung. Kunci keberhasilan promosi wisata adalah melalui media sosial. Misalnya Instagram, Youtube, Facebook, maupun Tiktok yang saat ini sedang marak digunakan oleh masyarakat berbagai usia baik orang tua, dewasa, maupun anak-anak. “Media sosial terutama Tiktok diharapkan dapat mengembangkan potensi wisata susur sungai Ciliwung sebagai pariwisata,” ucapnya.

Dahulu, masyarakat yang awalnya mengenal Ciliwung sebagai sungai yang kumuh. Dengan publikasi media sosial seperti Tiktok diharapkan dapat melihat perubahan Sungai Ciliwung yang saat ini dikembangkan menjadi wisata susur sungai menggunakan perahu karet. 

“Tanpa adanya publikasi dan promosi, program eduwisata dan ecowisata yang digerakkan akan menjadi sebatas wacana,” tukasnya.
 
Jika kawasan wisata tersebut banyak dikenal dan menjadi viral maka wisata susur sungai akan didatangi banyak masyarakat. Minimnya pengetahuan teknologi media digital dan pengoperasian peralatan media membuat Pengabdian kepada masyarakat ini lebih berfokus pada pelatihan teknik pembuatan video serta tips and trick promosi wisata melalui Tiktok dan Youtube. Pelatihan ini juga dihadiri oleh para remaja karang taruna di wilayah Ciliwung.
 
“Mereka sangat tertarik mengikuti pelatihan dan mengikuti praktek pembuatan video wisata susur sungai. Dengan mengikuti pelatihan pembuatan video wisata susur sungai melalui media Tiktok, diharapkan nantinya Sungai Ciliwung bisa menjadi salah satu destinasi wisata di DKI Jakarta,” pungkasnya. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.