45.546 Lansia di Jakarta Sudah Divaksin Covid-19 Dosis Pertama, Targetnya 911.631 Orang

Vaksinasi (Ilustrasi)

JAKARTA, JO-Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, sebanyak 45.546 warga lanjut usia (lansia) di Jakarta telah divaksin Covid-19 dosis pertama dalam periode 19 Januari-2 Maret 2021. Jumlah ini sudah mencapai lima persen dari target lansia sasaran vaksinasi yang mencapai 911.631 orang. 
 
Widyastuti menjelaskan, program vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua bagi kelompok lansia masih terus berlangsung di lima wilayah kota dan kabupaten. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti, puskesmas kelurahan, puskesmas kecamatan, dan RSUD. 

"Lansia yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dapat mengisi formulir pendaftaran melalui dki.kemkes.go.id," terangnya, Rabu (3/3/2021).

Setelah mendaftar, sambung Widyastuti, para lansia dapat menunggu pesan pemberitahuan atau notifikasi dari puskesmas/RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi sebelum berkunjung ke fasyankes untuk menghindari kerumunan. 

Lansia yang akan divaksin harus dalam kondisi sehat (tidak batuk/pilek/demam/sesak nafas) dalam tujuh hari terakhir. Kemudian, penyintas Covid-19 lebih dari tiga bulan, serta tidak sedang menderita penyakit jantung/penyakit liver/penyakit ginjal kronis/melakukan prosedur cuci darah.

"Para lansia ini juga tidak dalam proses pengobatan kanker/pengobatan gangguan pembekuan darah/pengobatan defisiensi imun/sedang transfusi, memiliki kondisi/riwayat penyakit epilepsi/diabetes melitus/HIV/penyakit paru (asma, PPOK) dalam keadaan terkontrol, serta tidak menerima vaksin lain kurang dari satu bulan terakhir," tandasnya. (jo3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.