Kapolres Sergai dan Kasdim 0204/ DS Resmikan Rumah Isolasi Covid-19 dan Kampung Tangguh

Peresmian Kampung Tangguh dan Rumah Isolasi di Perbaungan, Sergai, Sumut.

SERDANG BEDAGAI, JO- Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) AKBP Robin Simatupang, SH, MHum bersama Kelapa Staf Kodim (Kasdim) 0204/DS meresmikan Kampung Tangguh dan Rumah Isolasi Covid-19 di Desa Wisata Tani Melati II Kecamatan Perbaungan, Sergai, Kamis (11/2/2021) sekitar pukul 10.00 WIB. 

Sebelum mengunjungi Desa Tangguh rombongan mengunjungi Rumah Karantina Covid19 yang terletak di pajak desa atau BUMDes Madani di Dusun Rambutan. 

Selain Kapolres Sergai, dan Kodim 0204/DS yang diwakili oleh Kasdim, hadir juga Kepala Dinas Kesehatan dr Bulan, Kepala Dinas PMD Iksan, Kepala Dinas Pariwisata Darno Darwis, Kepala Dinas Kominfo Akmal Koto, Kepala Dinas Perhubungan MP Naibaho, SH, Camat Perbaungan, Kapolsek Perbaungan, Kapolsek Pantai Cermin, Kapolsek Tanjung Beringin. 

Kemudian aara kepala desa se- Kecamatan Perbaungan, para lurah se-Kecamatan Perbaungan, Kades Melati II Supardi, Direktur BUMDes Madani Melati II, kepala Puskesmas Melati II, dan ibu-ibu PKK Desa Melati II.

Menurut AKBP R Simatupang, SH, MHum, Kampung Tangguh adalah program dari Kapolri dan TNI untuk menciptakan kondisi yang tangguh dalam menghadapi pandemi Covid19.

"Wabah Virus Covid-19 saat ini penularannya sangat-sangat signifikan, sampai-sampai di rumah sakit sudah tidak ada lagi tempat untuk merawat pasien Covid-19, maka dengan adanya tempat seperti ini untuk isolasi sangat membantu pemerintah terutamanya masyarakat di sekitarnya terutama masyarakat di Desa Melati II ini," tandas Kapolres.

Dikatakan, agar lokasi ini lebih superioritas kan untuk tempat penanganan pasien Covid-19 seyogyanya pemerintah Kabupaten maupun pemerintah desa berkonsultasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai.

Kapolres AKBP R Simatupang, SH, MHum juga mengingatkan saat ini negara dalam situasi berkabung dengan adanya Covid-19 ini. Karena itu, semua pihak harus bersatu padu untuk memutus mata rantai penyebarannya dengan menjalankan 3M dan 1 H yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, Menggunakan masker serta Hindari kerumunan massa.

"Kita harus menerapkan karantina mandiri untuk menekan perkembangan penyebaran virus Covid-19 tersebut" tandas Kapolres.

Kita harus bangga, kanta Kapolres, karena salah satu kampung tangguh terbaik untuk di Sumut terdapat di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu yang berada di Kecamatan Pegajahan yaitu Desa Bingkat.

"Maka dengan ini kita bentuk kembali kampung tangguh di Desa Wisata Tani Melati II dengan tiga program tangguh yang salah satunya tangguh dalam Pangan," ucap AKBP R Simatupang.

Kades Wisata Tani Melati II mengatakan pihaknya sebagai mewakili pemerintahan desa sangat senang dan bangga Desa Melati II menjadi salah satu Desa Tangguh.

"Semoga amanah yang diberikan oleh Bapak Kapolres dan Kodim 0204/DS yang diwakili oleh Kasdim dapat kami jalankan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Masih dalam acara yang sama Kadis PMD Sergai Iksan yang mewakili dari bupati terpilih mengaku sangat mengapresiasi Desa Melati II ini menjadi salah satu kampung yang terpilih menjadi kampung tangguh.

Karena kriteria kampung tangguh semua terdapat di Desa Melati II ini seperti tangguh dalam ketertiban Kamtibmasnya, tangguh dalam minimnya penyalahgunaan narkoba dan tangguh dalam pangan, dimana luaas areal persawahan di Desa Melati II ini cukup bisa menjadi salah satu penompang sandang pangan untuk desa ini sendiri.

Kegiatan \peresmian Kampung Tangguh dilanjutkan dengan melihat hasil komoditas pertanian, peeternakan, wirausaha masyarakat dan produk- produk unggulan yang ada di Desa Wisata Tani Melati II serta berfoto bersama. (josg 01) 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.