Marullah Matali

JAKARTA, JO- Marullah Matali dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Senin (18/1/2021). Marullah diumumkan setelah meraih hasil tertinggi dari setiap tes yang diikuti. 

Pelantikan Marullah dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, pada Senin (18/1/2021) dihadiri oleh Sekjen Kemendagri RI Muhammad Hudori, Ketua KASN Agus Pramusinto, Wagub Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beserta jajarannya, Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi beserta wakil-wakilnya; perwakilan Forkopimda; Aaggota DPR RI Abraham Lunggana, Anggota DPD dapil DKI Jakarta Sylviana Murni; serta beberapa tokoh masyarakat. 

Gubernur Anies menilai, proses tahap seleksi pemilihan Sekda Provinsi DKI Jakarta sudah melalui prosedur dan landasan hukum yang jelas, seperti mengacu pada UU ASN Tahun 2014 dan Permenpan Tahun 2014, serta PP Nomor 11 Tahun 2014 tentang Manajemen PNS, serta mengusulkan rekomendasi untuk seleksi terbuka ke KASN tentang seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah. 

Marullah Matali lahir di Jakarta, 27 November 1965, sebelumnya menjabat Wali Kota Jakarta Selatan dan pernah menjadi Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan.
Ia diangkat menjadi sekda menggantikan Sri Haryati yang menjadi pelaksana tugas sekda setelah Saefullah meninggal dunia. 

Gubernur Anies berharap, Sekda Marullah dapat menjalankan amanat baru karena tugas yang diembankan bukanlah tugas yang ringan, karena diamanatkan untuk menjalankan fungsi Sekretaris Daerah di Ibu Kota, terutama saat masa krisis di tengah pandemi Covid-19.

Kepada Sekda yang baru dilantik, Anies mengingatkan Jakarta masih dihadapkan dengan situasi krisis kesehatan karena Covid-19. Pemprov DKI juga harus bisa mengembalikan kondisi kesehatan - perekonomian yang melemah agar kondisi sosial warga Jakarta bisa berjalan dinamis pada hari-hari ke depan. Selain itu, Sekda juga diminta bisa memastikan koordinasi lintas lembaga pemerintahan di DKI Jakarta berjalan dengan baik. 
 
"Kemudian, di satu sisi, kita ingin Pemprov DKI Jakarta mengejar target semua terkait pembangunan yang sudah ada baik di RPJMD maupun di KSD maupun di semua arahan-arahan yang terkait dengan pembangunan harus dijalankan dengan sebaik-baiknya dan dalam tempo sesuai dengan rencana, di sisi lain harus membangun suasana kerja suasana yang kolaboratif," jelas Gubernur Anies. 

Sementara itu, Sekda Marullah mengatakan, amanat yang telah diberikan Gubernur Anies akan dijalankan dengan baik, serta mengajak ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk bersama-sama menanggulangi segala krisis yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. 

"Alhamdulillah, dengan amanat baru ini kita mengharapkan seluruh ASN di DKI Jakarta semakin kompak untuk menanggulangi dampak pandemi yang masih belum hilang. Hal ini harus kita tuntaskan agar segala kendala dalam menjalankan Visi dan Misi Gubernur bisa diminimalisir saat masa Covid-19," pungkas Sekda Marullah. (jo3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.