Bupati Samosir Melakukan Uji Operasional SPAM - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Sistem penyediaan air minum di Samosir.
ONAN RUNGGU, JO - Bupati Samosir Rapidin Simbolon meresmikan beroperasinya 155 unit sambungan air minum masuk ke rumah warga di Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir. Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) diharapkan memenuhi kebutuhan warga.

"Dengan kapasitas sebesar 10 liter per detik dan sumber air dari Danau Toba, tersambung langsung dengan 155 rumah tangga,” ucap Rapidin kepada media, seusai melakukan pengujian operasional, kemarin.

Ia didampingi Inspektur Waston Simbolon, Camat Onan Runggu Junita Sinaga, Kabag Pembangunan Saipul Situmorang dan pejabat daerah lainnya.




Pembangunan SPAM Kecamatan Onan Runggu bersumber dari DAK Dinas PeraKPP TA. 2018 itu disambut baik warga. Pengerjaan mulai dari pipa induk pengisapan dari danau, pembangunan reservoir, hingga jalur distribusi dan meteran ke rumah warga sudah cukup bagus.

Lebih lanjut Bupati Rapidin meminta agar camat Onan Runggu bersama kepala desa membentuk pengurus sementara sebagai penanggungjawab memastikan operasional SPAM itu berjalan optimal.
"Dengan 155 sambungan ke rumah masyarakat, kebutuhan air bersih untuk rumah tangga diharapkan terpenuhi,” imbuhnya.

Dikatakannya, apabila ada warga yang belum bersedia melakukan pemasangan sampai batas waktu yang ditentukan, maka pipa distribusi dan meterannya akan dicabut dan dialihkan ke rumah warga lainnya yang membutuhkan. (fsrt)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.