Festival Budaya Betawi di Jakarta Barat, Promosikan Budaya Betawi - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Festival Budaya Betawi di Jakarta Barat, Promosikan Budaya Betawi

Tradisi Betawi Palang Pintu pada Festival Budaya Betawi di Jakarta Barat.
JAKARTA, JO-Wakil Walikota Jakarta Barat (Jakbar) M Zen meresmikan kegiatan Festival Budaya Betawi di Kawasan Unggulan Sentra Primer Barat, Jalan Puri Ayu Kembangan Selatan,Jakbar, Jumat (9/11/2018).

Acara festival ini dilaksanakan karena budaya Betawi adalah bagian dari asset bangsa maka wajib hukumnya harus dilestarikan, jangan sampai hilang.

"Sesuai amanat Bapak Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan bukan hanya sekedar melestarikannya, tapi harus juga dikembangkan atau dimodifikasi. Jangan sampai budaya Betawi ini hilang, harus dikembangkan dan dimodifikasi," kata M Zen.

Menurutnya, dengan acara ini, budaya Betawi dapat dipromosikan baik itu dari sisi keseniannya maupun dari sisi makanannya atau kegiatan lainnya seperti palang pintu. Palang pintu merupakan tradisi budaya Betawi yang biasa dilakukan dalam menyambut acara-acara budaya Betawi.

Kegiatan ini bukan hanya mempromosikan budaya Betawi tetapi juga ikut memasarkan produknya.T idak hanya itu, kawasan sentra primer barat ini juga akan dipromosikan jadi destinasi kawasan unggulan Jakbar dan nantinya tempat ini akan diperindah.

"Saya mewakili Pemerintah Kota Jakarta Barat berharap agar kegiatan ini dapat mengembangkan budaya betawi dan produk lainnya," ucap Zen.




Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Barat Linda Enriany menuturkan, ada banyak kegiatan yang terdapat di dalam Festival Budaya Betawi ini seperti panggung pertunjukan, bazar binaan UKM, lomba masak dari ibu ibu PKK.

Dikatakan Linda Enriany, budaya Betawi sebagai penduduk asli yang heterogen dan berbagai unsur etnis. Untuk seni adalah merupakan perpaduan dari Eropa, Arab,Tionghoa,Melayu dan Sunda.Sedangkan untuk senitarinya perpaduan adopsi dari Melayu dan Sunda.

Budaya Betawi sangat berwarna dan kaya untuk dijual kepada tamu-tamu dalam negeri maupun touris mancanegara. Untuk itu, Sudis Pariwisata dan Kebudayaan Jakbar mengadakan acara ini dengan harapan dapat menjaga dan menambah kembangkan budaya betawi dan sekaligus mengenalkan Sentra Primer Barat jadi destinasi wisata.

Tidak hanya itu, ada juga pertunjukan khas budaya Betawi seperti lenong, palang pintu, gambang kromong, serta pertunjukan lainnya yang di selenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 9-10 November 2018," tandasnya. (jo-6)


Diberdayakan oleh Blogger.