Pomparan Toga Sinaga Gelar Mubes XIV 2018 di Tugu Toga Sinaga Palipi

Mubes Toba Sinaga, di Keomplek Tugu Sinaga, Urat, Palipi, Samosir.
PALIPI, JO- Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boru (PPTSB) menggela Musyawarah Besar (Mubes) Toga Sinaga di Aula Mardame Komplek Tugu Toga Sinaga, Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Acara yang berlangsung Jumat (18/10/2018) ini dihadiri Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Juang Sinaga.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketum PPTSB Mangihut Sinaga, Bupati Dairi 2019-2023 Eddy Kelleng Ate Berutu, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata, Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat, Kajari Samosir Budi Herman, pimpinan OPD serta pengurus DPP, DPW dan DPC PPTSB Se-Indonesia.

Ketua Panitia Drs Martua Sinaga, MM dalam laporannya menyampaikan Mubes XIV 2018 PPTSB berlangsung 18 Oktober hingga 21 Oktober 2018, dengan Tema : Marilah kita sehati, sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan”. Acara yang dihadiri dari seluruh Indonesia berjumlah 331 orang dari atensi (yang mendaftar) 367 orang dari 15 wilayah.

Selain untuk pemilihan pengurus baru periode selanjutnya, dalam Mubes ini akan dilaksanakan penyusunan Rencana Strategis PPTSB, perubahan nomenklatur dalam AD/ART serta memperkaya AD/ART seiring kemajuan jaman dan tuntutan organisasi modern. Oleh karena itu, diharapkan para peserta memberikan masukan, ide dan pemikiran demi kemajuan PPTSB.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Juang Sinaga menyampaikan terimakasih dan selamat atas terlaksananya kegiatan PPTSB. "Selamat datang di Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga," kata Rapidin.




Dikatakan, PPTSB merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang sangat eksis, hal ini menggambarkan bahwa Pomparan Toga Sinaga memiliki kebersamaan dan komitmen yang luar biasa. Komitmen ini didukung oleh pengabdian yang tulus dari Ketua Umum dan pengurus PPTSB.

Salah satu bukti nyata adalah pembangunan Komplek Tugu Sinaga yang menjadi salah satu objek wisata budaya di Kabupaten Samosir. Untuk mendukung PPTSB dala mengembangkan adat budaya maka di tahun 2019 Pemkab Samosir akan memberikan Dana Hibah sebesar 200 Juta dimana dana tersebut di tujukan untuk membuat satu event pertunjukan budaya oleh PPTSB, yang akan diplot menjadi salah satu agenda pariwisata Horas Samosir Fiesta.

Bupati lalu mengajak para pomparan PPTSB bersama sama membangun dan mempromosikan Samosir agar lebih berkembang sampai mancanegara agar seluruh wisatawan tahu keindahan Pulau Samosir Negeri Indah Kepingan Surga ini.

Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi PPTSB merupakan organisasi yang maju dan sangat eksis sejak didirikan terbukti dengan telah melakukan 14 kali Mubes secara terus menerus. Ini menunjukkan bahwa Pompatan Toga Sinaga, Sitolu Oppu Sisia Ina, memiliki komitmen, kebersamaan dan persatuan dalam membangun PPTSB.

Pelaksanaan Mubes XIV, akan menjadi sejarah karena dilaksanakan di Tugu Toga Sinaga. BDia mengatakan Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, menjadi salah satu perhatian dari PPTSB untuk mendukung serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun pariwisata Samosir. PPTSB siap membantu dan mendukung Pemkab Samosir untuk melestarikan budaya untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Samosir. (fsrt)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.