Gema Muharram 1437 H, 5.000 Kaum Dhuafa Terima Bantuan ZIS

Kegiatan Gema Muharram 1437 H di Kantor
Wali Kota Jakbar.
JAKARTA,JO - Sekitar 5.000 mustahik yatim piatu mendapat santunan dan bantuan dari dana Sakat Infaq Sodaqoh (ZIS) pada acara Gema Muharram 1437 H/2015 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat, di halaman kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa (3/11).

Total nilai bantuan yang diberikan mencapai sekitar Rp 3, 2 miliar, dan diberikan oleh Wali Kota Jakarta Barat HM Anas Effendi.

Acara rutin tiap tahun itu dihadiri Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) DKI Jakarta H Fatahillah, Wakil Wali Kota M Zen para asisten Pemkot Jakbar, camat lurah serta tokoh masyarakat dan ulama.

Askesmas DKI H Fatahillah mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia mewakili gubernur menyampaikan ucapan selamat dari Gubernur DKI Jakarta atas pemberian santunan kepada para mustahik di Jakarta Barat.

"Gubernur juga berpesan kepada para pimpinan wilayah, terutama wali kota untuk selalu memberikan informasi mengenai situasi dan kondisi saat ini," ujar Fatahillah.

Dia juga berharap semoga santunan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. Sementara kepada mereka yang memiliki kemampuan untuk selalu meningkatkan ibadah serta memperbanyak amal dan sodaqohnya.

Wali Kota Jakarta Barat HM Anas Effendi pada sambutannya mengatakan, kegiatan ini banyak membawa manfaat. Satu di antaranya memperbanyak amal dan ibadah melalui pembayaran zakat, infaq dan sodaqoh. Ia menegaskan, umat muslim wajib mengeluarkan zakat yang besarnya 2,5 persen dari penghasilan.

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Dia pun mengimbau masyarakat mengeluarkan ZIS melalui Badan Amil Zakat dan Sodaqoh (Bazis). Nantinya dana ZIS yang terkumpul akan dikembalikan kepada masyarakat yang berhak.

"Ada sekitar 5.000 mustahik yang mendapatkan santunan dari para pengusaha, pejabat dan sebagainya, maka itu ada hak orang lain," katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Bazis Jakbar H Jamhuri juga mengatakan, pada kegiatan tersebut Bazis Jakbar menyalurkan dana ZIS kepada para mustahik senilai Rp 3,2 miliar lebih.

"Para mustahik penerima santunan antara lain, 936 guru ngaji, 463 guru honorer, santunan anak yatim 900 orang, kaum duafa 600 orang dan bantuan dana untuk siswa SMP dan SMA sebanyak 750 orang.

Bazis Jakbar juga melakukan pembinaan dan pelatihan, seperti keterampilan menjahit untuk 40 orang, pemulasaran (mengurus) jenazah 40 orang, dan pembuatan SIM C 70 orang.

Gema Muharram kali ini diisi berbagai kegiatan, antara lain pemberian penghargaan kepada pengumpul ZIS tingkat kecamatan dan penghargaan kepada para pengusaha yang telah memberikan amal sodaqoh, serta dimeriahkan musik gambus dan komedian opik kumis dan artis Cici Paramida. (hery lubis)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.