ERP di Singapura
JAKARTA, JO- Sistem jalan berbayar elektronik (Electronic Road Pricing-ERP) akan diujicoba pada pertengahan Juli 2014 mendatang di DKI Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Muhammad Akbar di Balai Kota, Rabu (2/7), sistem ERP yang diujicobakan adalah asal perusahaan Swedia, Kapsch.

"Kita akan melakukan uji coba pada pertengahan Juli 2014 di Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin mulai depan Gedung Panin Bank atau Ratu Plaza. Sekarang pondasinya sudah hampir jadi, dan minggu-minggu ini gerbangnya akan dipasang," kata Muhammad Akbar.

Pihak Kapsch, lanjutnya, juga akan melakukan penyetingan peralatan, dan diharapkan pertengahan Juli bisa live atau langsung diuji coba.

Dikatakan, sistem ERP ini hanya memiliki satu pintu saja yaitu pintu masuk, berbeda dengan gerbang tol, yakni ada gerbang masuk dan keluar. Begitu masuk, dia bayar secara elektronik yang ditarik melalui On Board Unit (OBU) yang dipasang di setiap kendaraan.

Dalam tahap uji coba, Dishub DKI akan membagikan sebanyak 50 OBU secara gratis kepada para pengguna kendaraan setiap hari yang melintas di kawasan Sudirman.

Pemprov DKI Jakarta menggunakan sistem ERP untuk mengurangi volume kendaraan pribadi di jalan raya. Kendaraan-kendaraan pribadi roda empat akan dikenai tarif jika melewati ruas jalan tertentu, dan uji coba ini hanya untuk memastikan sistem yang dipasang berjalan atau tidak. (jo-3)

Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.