Pangarmabar Tutup Patroli Terkoordinasi TNI AL dan AL India

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, SE, MM
memberikan cendera mata kepada perwakilan AL India
seusai acara penutupkan Patkor Indindo  di Mako
 Lantamal I  Belawan, baru-baru ini. (foto:dispenarmabar)
JAKARTA, JO- Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, SE, MM menutup secara resmi pelaksanaan Patroli Terkoordinasi (Patkor) Indindo 23/14 antara TNI AL dan Angkatan Laut India di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan, baru-baru ini.

Pangarmabar dalam amanatnya mengatakan bahwa Patroli Terkoordinasi Indindo merupakan bentuk kegiatan yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut dan AL India dalam rangka meningkatkan kerja sama yang lebih erat.

Selain itu Patkor Indindo ini merupakan bentuk kesiapan dari pihak TNI AL dan AL India dalam usaha mengamankan rute pelayaran laut, dan melaksanakan komunikasi serta penindakan terhadap semua kegiatan ilegal yang terjadi di wilayah perairan masing-masing. Di samping itu kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit.

Siaran pers yang diterima hari ini, menjelaskan, Patroli Terkoordinasi Indindo antara TNI AL dan Angkatan Laut India merupakan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekali. Patkor Indindo pertama kali dilakasanakan pada tahun tahun 2002. Hingga saat ini patroli terkoordinasi ini sudah terlaksana sebanyak 23 kali selama kurun waktu 11 tahun.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan pertahanan Angkatan Laut Indonesia dan India, serta melaksanakan kegiatan patroli terkoordinasi dalam rangka menjaga keamanan di lingkungan wilayah perairan di sekitar Samudra Hindia.

Pembukaan Patkor Malindo 23/14 dilaksanakan di Port Blair, India pada tanggal 14 April 2014, berlangsung selama 15 hari sejak 14 April sampai dengan 2 Mei 2014. Alutsista TNI AL yang dilibatkan dalam latihan bilateral ini terdiri dari KRI Imam Bonjol- 383 serta Pesawat CN-235 dan P-860 yang merupakan unsur patroli udara maritim TNI AL. Sedangkan dari AL India melibatkan Kapal INS Kumbhir dan Pesawat IN Dornier dari unsur Angkatan Laut India. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.