Setelah 150 Tahun Pembangunan Rel Ganda 727 KM Tuntas, Jakarta-Surabaya 8 Jam

Pembangunan rel ganda.
JAKARTA, JO- Setelah 150 tahun sejak jalur kereta api dibangun di Pulau Jawa oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda LAJ Baron Sloet van den Beele pada 1864, Indonesia akhirnya bisa menyelesaikan pembangunan rel ganda sepanjang 727 dengan anggaran total Rp10,5 triliun.

Dengan selesainya rel ganda ini sepanjang Jakarta-Surabaya ini, maka perjalanan kereta api akan semakin singkat. Untuk rute terjauh Jakarta-Surabaya hanya perlu waktu 8 jam, dari sebelumnya 13 jam.

Menurut Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Jakarta, Kamis (27/3), pembangunan rel ganda itu tuntas pada akhir bulan ini. Dibangun empat segmen, yakni Cirebon-Brebes 63 km, Pekalongan-Semarang 90 km, Semarang-Bojonegoro 180 km, dan Bojonegoro-Surabaya 103 km.

Selain akan semakin cepat, rel ganda juga akan membuat angkutan penumpang atau barang jasa bisa diangkut lebih banyak, dan secara langsung akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Dikatakan, dari empat segmen itu, hanya segmen Bojonegoro-Surabaya yang sedikit punya masalah terkait pembebasan lahan, namun dipastikan awal bulan depan segmen ini sudah beroperasi seperti tiga segmen lainnya.

"Jadi ini yang pertama kali setelah 150 tahun jalur kereta api dibangun di Pulau Jawa," kata Bambang. (jo-4)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.