Jam Masuk Sekolah 06.30 WIB Dinilai Terlalu Pagi, Jokowi Minta Dievaluasi

Bus sekolah
JAKARTA, JO- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah meminta Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk mengevaluasi jam masuk sekolah di DKI Jakarta pukul 06.30 WIB. Menurutnya, jam masuk itu terlalu pagi.


Kepada wartawan di Jakarta, Kamis (27/3), Jokowi sendiri mengaku belum mendapat perkembangan baru dari Dinas Pendidikan mengenai evaluasi itu, misalnya, apakah siswa tidak keberatan atau malah keberatan.

Jokowi sendiri tidak mengetahui pasti apa alasan memajukan jam masuk sekolah dari sebelumnya pukul 07.00 WIB menjadi pukul 06.30 WIB, sebab kebijakan itu diterapkan per 1 Januari 2009 pada era gubernur Fauzi Bowo (Foke).

Sebelum ini, Wagub DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) juga sudah mewacanakan untuk mengubah jam masuk sekolah itu, justru dengan memundurkannya menjadi pukul 09.00 WIB dengan konsekuensi siswa akan pulang lebih sore. Selama ini dengan ketentuan masuk pukul 06.30 WIB maka keluarnya pukul 14.00 WIB.

Saat gubernur Fauzi Bowo mengeluarkan kebijakan memajukan jam masuk sekolah 30 menit lebih cepat alasannya adalah untuk mengurangi kemacetan lalu-lintas di Jakarta. Harapannya kebijakan ini bisa mengurangi tingkat kemacetan 6-14 persen. Namun kebijakan itu dinilai tidak efektif mengurangi kemacetan.

Menurut Ahok jam berapa pun anak sekolah masuk jalanan di jakarta tetap macet, kecuali pada hari libur. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.