Latma Multilateral Komodo 2014: Festival Maritim Digelar di Batam, Anambas dan Natuna

Laksma) TNI Dr Amarulla Octavian, ST, MSc, DESD
JAKARTA, JO- Dalam rangka memeriahkan serta mensinergikan pelaksanaan Latma Multilateral Komodo 2014 yang diikuti 16 negara dari ASEAN dan ASEAN plus, TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Pemerintah daerah akan mengadakan kegiatan Festival Maritim pada akhir bulan Maret 2014 yang dipusatkan di Kota Batam, Rabu (12/3).


Latma Multilateral Komodo 2014 dengan Direktur Latihan Multilateral Komodo 2014 Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr Amarulla Octavian, ST, MSc, DESD yang sehari-hari menjabat Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguspurlaarmabar), akan menggelar Festival Maritime selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 Maret 2014 yang dipusatkan di Kota Batam diantaranya di Harbour Bay, Batam Center, Nongsa Marina Poin dan perairan Belakang Padang Batam dan di stadion olah raga.

Acara kegiatan festival maritim tersebut, antara lain meliputi panggung hiburan prajurit dengan menampilkan artis artis ibukota dan artis kota batam serta Group Band dari negara-negara peserta, perlombaan sea eagle boat race yang diikuti oleh negara-negara peserta dan masyarakat umum serta perlombaan triathlon, dan olah raga futsal dan basket.

Selain itu juga diadakan olah raga bersepeda grand vondo cycling dan fun bike dengan peserta dari personel TNI dan berbagai instansi di Batam, club sepeda serta masyarakat umum di Batam dan pemda Propinsi Kepulauan Riau.

Rangkaian kegiatan festival maritim juga akan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan di Kabupaten Anambas dan Kepulauan Natuna dengan melibatkan masyarakat. Kegiatan yang akan diadakan di Anambas dan Natuna pada saat penutupan Latma Multirateral Komodo 2014 minggu pertama bulan April, akan menampilkan tarian-tarian tradisional dan acara penyambutan kepada delegasi kapal perang negara peserta yang dimeriahkan dengan kegiatan panggung hiburan dan wisata kuliner.

Sementara itu, sejumlah kapal perang TNI AL dan kapal perang negara peserta Latma Multilateral Komodo 2014 pada akhir bulan Maret 2014 akan berkumpul diperairan Batam dengan lokasi di perairan sekitar dermaga Batu Ampar Batam. Selama kegiatan Latma Multirateral Komodo 2014, personel-personel KRI dan kapal perang peserta Latma yang terlibat dalam kegiatan tersebut dilibatkan dalam kegiatan acara pembukaan Latma Multirateral Komodo 2014 dan festival maritim.

Kehadiran ribuan personel TNI dan Ranpur yang dimeriahkan dengan Drum Band AAL dan beberapa Drum Band dari kota Batam dan kehadiran peserta Latma Multirateral Komodo 2014 serta masyarakat Batam akan meramaikan pelaksanaan kirab kota yang akan dihadiri pejabat TNI dan Pemda setempat.

Pada acara puncak Latma Multilateral Komodo 2014 yang akan digelar di Batam, juga akan dimeriahkan dengan pagelaran musik jazz dan lomba memasak atau *battle of chef * dengan bahan olahan dari hasil laut yang diikuti oleh peserta Latma dan masyarakat umum dan akan mendatangkan juri dari chef-chef terkenal dari Indonesia. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.