Pr‎amono Edhie Sebut Wartawan dan Relawan yang Meninggal di Sinabung Pahlawan

Pramono Edhie Wibowo
JAKARTA, JO- Salah seorang peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Pramono Edhie Wibowo menyatakan turut‎ berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya dua wartawan dan belasan relawan korban awan panas Gunung Sinabung.

Dua wartawan yang meninggal yaitu Rizal Syahputra dan Thomas Meliala tewas bersama belasan relawan yang sedang bertugas di Desa Suka Meriah, Kecamatan Payung. Seluruhnya meninggal akibat awan panas yang meluncur dari Gunung Sinabung, Sumatera Utara (Sumut) sekitar pukul 10.30 WIB pada Sabtu (1/2). Desa Suka Meriah adalah desa terdekat dari Gunung Sinabung.

"Para wartawan dan relawan tersebut meninggal dikala menunaikan tugas kemanusiaan sebagai wartawan demi mendapatkan dan menyebarkan informasi perkembangan situasi wilayah bencana Gunung Sinabung kepada masyarakat umum, sekaligus berusaha membantu pemulihan pasca bencana," kata Pramono Edhie dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu (2/2).

Bagi Pramono Edhi, mereka adalah pahlawan kemanusiaan karena meninggal saat.melakukan tugas mulia tersebut. "Kepada keluarga para wartawan dan relawan yang meninggal dalam menunaikan tugas saya sampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya," sambung Edhie menambahkan.

Edhie mengimbau khususnya pemerintah daerah untuk segera merelokasi warga desa tersebut. "Untuk menghindari korban jiwa akibat bencana gunung sinabung sebaiknya warga desa suka meriah dan sekitarnya segera mengungsi. saya berharap pemerintah daerah dapat mengerahkan tenaganya untuk dapat mencarikan tempat, sandang dan pangan bagi warga yang direlokasi tersebut," kata Edhie.

Edhie juga menyatakan berniat membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. "Saya. beserta para relawan Badar (Barisan Pemuda Nusantara) yang biasa membantu saya di beberapa wilayah Indonesia akan menggalang dana kemanusiaan untuk disumbangkan kepada keluarga yang ditinggalkan. Saya berharap segera terkumpul sejumlah uang yang cukup untuk disumbangkan," jelas Edhie. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.