Sheet Pile di Jalan Daan Mogot Patah dan Nyaris Ambruk

Suasana pekerjaan pengerukan Kali Mokervard belum lama ini.
JAKARTA,JO- Sheet Pile atau dinding turap, yang panjangnya sekitar 100 meter dan dibangun tahun 2012, patah, miring, dan diperkirakan akan ambruk di Jalan Daan Mogot dekat Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Pabrik Es, Kelurahan Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar).

Patahan sheet pile baru terlihat ,Rabu(20/11),pukul 07.30 WIB. Pantaun di lokasi, sheet pile Kali Mokervart nyaris ambruk ke kali, yang diduga diakibatkan pengerukan kali yang sudah lama mendangkal mamakai alat berat.

"Mungkin karena bobot pembangunan sheet pile itu tidak kuat makanya ketika lumpur dari kali di angkat keluar jadi miring," kata Swandi, di lokasi, Rabu (20/11).

Diakuinya,memang awal pembangunan sheet pile ini tidak lurus,selain itu juga ukurannya sheet pile di pasang yang ukurannya 10 meter padahal Kali Mokervard itu dalamnya mencapai 10 meter lebih tentu tidak sampai ke dasar kali.

"Kami berharap agar Gubernur Jokowi melihat kondisi ini,jangan sampai benar-benar ambruk. Sebab kalau tidak segera diperbaiki saat musim hujan nantinya air kali bisa meluap ke pemukiman warga Kedaung," harap Swandi.

Pembangunan sheet pile di Kali Mokervard ini dilaksanakan 2012 sepanjang 1 km di Jalan Daan Mogot mulai dari flyover Pesing pada sisi kiri dan kanan sampai ke jembatan pabrik ABC menghabiskan anggaran hingga puluhan miliar rupiah.

Sementara itu saat wartawan mengonfirmasi kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Jakarta Ruddy Siahaan mengatakan, akan segera meminta kepada bawahannya untuk mengecek kondisi di lapangan. (jo-6)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.