Obama Batal ke Malaysia, Batal Juga ke Indonesia?

KUALA LUMPUR, JO- Presiden AS Barack Obama dikabarkan membatalkan kunjungannya ke sejumlah negara Asia Tenggara pada bulan Oktober ini, menyusul sengkarut politik di dalam negerinya, terkait penutupan pemerintah AS.

Kabar itu disampaikan Kantor PM Malaysia Najib Razak di Kuala Lumpur, seperti dikutip Bloomberg.com hari ini. Obama akan diwakili oleh Menlu John Terry. Setidaknya hal itu terkait kunjungan ke Malaysia, menurut pernyataan kantor PM Malaysia itu.

Mereka belum bisa memastikan apakah pembatalan kunjungan itu juga terjadi dalam kunjungan yang sama yang sudah direncanakan ke Indonesia, Brunei Darussalam dan Filipina. Di Indonesia sendiri, Obama dijadwalkan akan menghadiri KTT APEC yang berlangsung di Bali.

Cek hotel di Nusa Dua, Bali, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Seminyak, Bali, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Kuta, Bali, bandingkan tarif, dan baca ulasannya

Pemerintah AS secara sebagian ditutup setelah Kongres AS gagal menyepakati anggaran baru pemerintah yang di dalamnya termasuk program kesehatan Obama yang disebut Obamacare.

Akibat penutupan pemerintah AS ini, diperkirakan lebih dari 700.000 orang karyawan federal akan dicutikan tanpa pembayaran, serta penutupan sejumlah tempat publik seperti taman nasional, museum dan sejumlah bangunan lain.

Kantor PM Najib memastikan Obama telah menelepon PM Najib, pada Rabu hari ini untuk menginformasikan bahwa Menlu Kerry akan memberikan sambutan pada konferensi kewirausahaan di Kuala Lumpur pada 11 Oktober nanti. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.