JAKARTA, JO- Proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) dan monorel akan dimulai serentak pada pertengahan Oktober 2013 mendatang. Management traffic pun sedang dirancang karena pembangunannya akan memakan waktu lama.

Masalahnya, pembangunan MRT akan memakan waktu 5-6 tahun, sedang monorel sekitar 3 tahun. Jika pengelolaan lalu lintasnya kacau maka bisa membahayakan lalu-lintas terutama di daerah Sudirman-Thamrin.

Seperti dijelaskan Gubernur Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Senin (16/9), peletakan batu pertama pembangunan MRT akan dimulai dari kawasan Dukuh Atas, Jakarta Selatan. Kelak Dukuh Atas akan menjadi terminal terbesar yang berada di bawah tanah (undergorund) dan terintegrasi dengan semua moda transportasi di ibu kota seperti Transjakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL).

Sejalan dengan itu, ruang terbuka hijau (RTH) Dukuh Atas dipindahkan ke tempat lain karena akan dibangun terowongan ke bawah.

Untuk pengerjaan proyek ini, saat ini alat-alat berat dari Jepang sedang dalam proses masuk ke Jakarta. "Pengerjaan akan dimulai awal atau pertengahan Oktober, sedangkan pengerjaan pagar sudah dimulai di Dukuh Atas," begitu Jokowi. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.