Makan Ikan dan Tomat Membantu Kurangi Risiko Kanker Prostat

Ikan kurangi risiko kanker prostat.
JAKARTA, JO- Enam kebiasaan, termasuk memakan tomat dan mengurangi daging merah, membantu mengurangi risiko kematian akibat kanker prostat, menurut sebuah studi.

Peneliti menganalisis informasi yang dikumpulkan dari 46.000 pria usia 25 tahun dan menemukan bahwa mereka yang mengikuti enam pola kebiasaan makan mengurangi 39 persen risiko berkembangnya kanker prostat dibandingkan pria yang hanya makan satu atau tidak sama sekali dari pola kebiasaan itu.

Menurut hasil penelitian European Cancer Congress di Amsterdam, kemarin, sebagaimana dikutip Bloomberg.Com hari ini, enam kebiasaan itu meliputi: tidak merokok, olahraga, makan ikan berlemak (fatty fish) dan memiliki indeks massa tubuh kurang dari 30, makan tomat dan tidak mengonsumsi daging merah, sangat berkait dengan penurunan risiko kanker prostat, tapi dampaknya secara bersamaan masih belum pernah diteliti sebelumnya, kata Stacey Kenfield, peneliti University of California, San Fransisco, AS.

Tomat mengandung lycopene , antioksidan yang dapat memblokir aksi radikal bebas yang merusak sel.

"Para ilmuwan sedang mempelajari unsur-unsur memainkan peran paling penting dalam mengurangi risiko kanker, " katanya.

Dikatakan, dengan mendorong pria untuk mengadopsi faktor "enam kebiasaan" kemungkinan akan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan, termasuk risiko kanker prostat ," kata Kenfield dalam presentasi .

"Data kami menunjukkan bahwa mengadopsi praktik-praktik ini dapat mencegah sebagian besar kanker prostat yang mematikan . "

Menurut data, ada 2,5 juta orang yang tinggal di AS dengan kanker prostat , menurut American Cancer Society .

Pria dengan kanker prostat stadium awal dapat hidup lebih lama jika mereka makan diet kacang, minyak sayur, biji-bijian dan alpukat , kelompok yang sama peneliti mengatakan pada bulan Juni. (jo-9)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.