Hati-hatilah, Foto Pembuang Sampah ke Kali akan Dipajang

JAKARTA, JO- Berhati-hatilah membuang sampah di kali di wilayah Jakarta Utara (Jakut). Foto Anda akan dipajang di spanduk dan dipanggil ke RT dan RW setempat.

Penegasan ini disampaikan Lurah Kebon Kacang, Jakarta Utara, Makmun, Senin (30/9), dan program ini akan dimulai pada pekan depan. Hal ini disampaikannya setelah sehari sebelumnya melakukan aksi bersih-bersih sungai bersama pegawai PT Pelindo II Tanjung Priok.

Aksi bersih kali ini diikuti 350 pegawai Pelindo II, dan Persatuan Istri Pelindo (PIP) II.

"Kami akan menempatkan petugas Satpol PP untuk mengawasi dan memotret orang-orang yang membuang sampah di sepanjang Kali Swasembada. Fotonya akan dipajang di spanduk ," kata dia.

Menurut Makmun, tindakan semacam ini dilakukan untuk memberikan efek jera bagi warga yang suka membuang sampah sembarangan ke kali.

Sementara Ketua Persatuan Istri IPC (PIP) yang sekaligus inisiator kegiatan bersih sampah di Kali Swasembada, Betty Sastra mengungkapkan, aksi yang melakukan yaitu pembersihan Kali Swasembada, memangkas pohon di sekitar kali serta membersihkan tanaman liar, dilanjutkan dengan penanaman 350 pohon di sepanjang jalan dan kali Swasembada.

Dia berharap kegiatan ini agar dijadikan momentum bersama antara Pelindo II yang sekarang bernama IPC dengan masyarakat untuk memerangai sampah serta menjaganya terutama kali-kali yang banyak dipenuhi sampah.

Pada bulan Agustus 2013 lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga sudah memberikan peringatan keras bagi para pembuang sampah ke kali di Jakarta. Dia memerintahkan agar mereka ditangkap saja.

Menurut Joko Widodo, pihaknya akan mulai rutin melakukan patroli di badan sungai di Jakarta. (jo-8)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.