Jalan Soekarno Pengganti Merdeka Utara, Jalan Hatta Pengganti Merdeka Selatan

Soekarno (kiri) dan Hatta (kanan)
JAKARTA, JO- Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat akan diganti menjadi Jalan Soekarno, sementara Jalan Medan Merdeka Selatan menjadi Jalan Hatta.

Usulan penggantian nama kedua jalan tersebut muncul dari inisiatif sejumlah tokoh dalam Panitia 17, sebagaimana disampaikan Anggota Panitia 17, Muhammad Yamin di Jakarta, kemarin.

Untuk pengganti Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat jika sebelumnya diusulkan nama Presiden RI ke-2 HM Soeharto, ternyata dibatalkan. Begitu juga untuk nama mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin juga batal diusulkan mengganti nama Jalan Medan Merdeka Timur.

Menurut Yamin alasan pembatalan itu karena HM Soeharto maupun Ali Sadikin belum menjadi Pahlawan Nasional, termasuk alasan banyaknya pro dan kontra yang terjadi terkait pengajuan nama-nama itu.

"Setelah melakukan pembahasan mendalam dan mengakomodasi masukan dari masyarakat, kami memutuskan nama Soeharto batal diusulkan untuk menjadi nama pengganti Jalan Medan Merdeka Barat. Begitu pun nama mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin juga batal diusulkan mengganti nama Jalan Medan Merdeka Timur," kata Yamin.

"Jadi hanya dua nama yang dipakai Soekarno dan Hatta, karena dua lainnya belum pahlawan. Nama Pak Harto dan Pak Ali belum akan diusulkan," sambungnya.

Pemakaian nama Soekarno-Hatta juga tidak menjadi persoalan, karena keduanya adalah proklamator kemerdekaan Indonesia.

"Landasannya adalah untuk meningkatkan rasa kepedulian dan rasa menghormati jasa pahlawan yang dianggap mulai berkurang. Usulan itu akan diajukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diharap terealisasi paling lambat pada 10 November 2013," begitu Muhammad Yamin. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.