DELISERDANG, Jakartaobserver.com- Pelepasan lahan Sport Center di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) sudah dilakukan sesuai dengan prosedur, dan transparan. Mulai dari Undang-undang No2/2012 tentang pengadaan tanah untuk kepentingan umum, sampai Perpres No71/2012, semuanya dilalui dengan proses yang benar.
 
Fakta ini disampaikan Kabag Hukum PTPN II Ganda Wiatmaja, dalam Diskusi Publik di Hotel Antares, Medan, Kamis (25/05/2023).
 
Menjawab pertanyaan sejumlah peserta diskusi, Ganda membantah adanya rumor, PTPN II telah membohongi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) menyangkut pelepasan lahan seluas 300 hektar untuk kepentingan pembangunan area Sport Center tersebut.
 
Sebab SK 10/HGU/BPN/2004 merupakan bukti keabsahan kepemilikan PTPN II atas lahan di Desa Sena itu, dan sudah diteliti oleh panitia pengadaan tanah yang dibentuk Gubernur Sumut.

Diskusi yang juga dihadiri mantan pimpinan KPK Saut Situmorang, mantan Menteri Kehutanan MS Kaban, Rajamin Sirait, praktisi hukum Hadiningtyas, menyoroti persiapan Pemprov Sumut sebagai tuan rumah PON 2024. Peserta diskusi menilai Sumut tidak siap sebagai tuan rumah ajang olahraga Nasional itu, karena sampai saat ini area Sport Center belum juga terlihat adanya pembangunan fasilitas apa pun.
 
Sayangnya diskusi tidak dihadiri pihak Pemprov Sumut maupun Dispora Sumut, sehingga tidak bisa digali informasi seputar progres persiapan sarana dan prasarana menyambut PON 2024.
 
Sementara PTPN II hanya menyangkut proses pelepasan lahan untuk kepentingan event nasional tersebut. "Apa yang kami lakukan dalam pelepasan tersebut, seluruhnya sudah mengikuti proses sesuai ketentuan perundang-undangan. Dan semuanya sudah dipertanggungjawabkan secara institusi," papar Ganda Wiatmaja.
 
Menjawab tudingan adanya nilai yang simpang siur terhadap nilai ganti rugi yang didapatkan PTPN II, menurut Ganda murni Rp 152 Milyar sesuai nilai yang ditentukan tim dan sudah diaudit secara internal maupun eksternal PTPN II. (Jun)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.