Disbudpar Samosir Mengadakan Lomba Kuliner Tradisional Memasak Ikan Naniura

Lomba kuliner tradisional memasak ikan nila naniura.

PANGURURAN, Jakartaobserver.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan Lomba Kuliner Tradisional dengan memasak Ikan Nila "Naniura" di Situngkir, Kecamatan Pangururan, Samosir, Jumat (28/04/2023).
 
Kegiatan ini diikuti enam peserta, dan masing-masing tim terdiri tiga orang ibu. Adapun kegiatan ini dilaksanakan, dengan memperingati Hari Kartini 21 April 2023.
 
Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April, berhubung karena ditanggal itu Libur Lebaran Idul Fitri 1444 H, maka Hari Kartini dilaksanakan tanggal 21 April 2023.
 
Ada tiga orang juri dalam ajang lomba ini yaitu Sepwan Sinaga, Harta R Situmorang, dan pengelola Rumah Makan Sampean Nauli Renta br Siahaan.
 
Ketua PKK Samosir Harta Rohana Situmorang dalam sambutannya memberikan Motivasi Semangat kepada seluruh peserta lomba, dan tetap jaga kekompakan.
 
Ketua PKK Samosir juga menyarankan seluruh peserta lomba supaya bisa menerapkannya di Rumah masing-masing, dan jangan hanya saat lomba ini saja. Bagi ibu-ibu yang belum mendapatkan juara tetap semangat, jangan berkecil hati.
 
Pada kesempatannya, Harta Rohana juga menyebut para kaum wanita harus bangga kepada Kartini, sebab menurutnya, jika Kartini tidak pernah membuat gebrakan, apa jadinya perempuan-perempuan Indonesia.
 
"Apapun nanti itu hasilnya, bukan itu yang menjadi prioritas bagi peserta. Tuangkanlah ilmu ini dalam rumah tangga masing-masing. Kebersamaan, dan kekompakan itu yang paling utama," ujar Harta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Samosir Tetti Naibaho mengatakan, naniura itu sebuah pengetahuan Tradisional yang sudah hampir ditinggalkan.
 
"Mudah-mudahan Naniura ini jadi event nasional, dan kita akan usulkan ini jadi warisan nasional supaya naniura ini tidak ditinggalkan ataupun dilupakan. Naniura ini akan jadi daya tarik wisatawan ke Samosir," katanya.
 
Kedepannya Tetty Naibaho berharap agar menu naniura ini dapat disajikan di beberapa restoran di Kabupaten Samosir, sehingga tidak punah. "Kita berharap Naniura ini akan tampil di event nasional," tutup Tetty.
 
Turut hadir Ketua KORMI Kabupaten Samosir Ria Gurning, Miss Teen Universe 2023 Sheira Nainggolan, perwakilan dari Puskesmas Buhit dr Beta Novita Simbolon, ketua DWP Samosir Sanggar Tunas Kelapa, Sanggar Gok Asi, dan beberapa anak sekolah.(josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.