Hari Jadi Kabupaten Samosir XIX di Pangururan, Samosir.

SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir XIX di Kompleks Kantor Bupati Samosir, Pangururan, Samosir, Sumatera Utara (Sumut(, Senin (27/2/2023).
 
Perayaan Hari Jadi XIX dengan thema “Integritas dan Profesionalisme untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat Secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan”. Hadir dalam acara, Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang dan istri, Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta E Siahaan, Gubsu diwakili Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi Pembangunan, Keuangan, Asset dan SDA Harianto Butar-butar.

Kemudian Ketua Pengadilan Negeri Balige Evelyne Napitupulu, Wakil Bupati Samosir periode 2016-2021, Juang Sinaga, mantan Bupati Samosir Mangindar Simbolon (2005-2015), Pj Bupati Samosir 2016 Anthony Siahaan, Pabung 0210 TU G Sebayang, pimpinan OPD, para camat, FKTM, lembaga adat serta, ormas/OKP, perwakilan tokoh masyarakat dari sembilan kecamatan. Hadir Juga DPR RI Fraksi Nasdem , Martin Manurung, anggota DPR RI Fraksi Golkar Lamhot Sinaga, anggota DPRD Sumut Tangkas M Lumbantobing.
 
Perayaan yang dilaksanakan secara sederhana dan mematuhi protokol kesehatan Covid 19 ditandai dengan pemotongan kue ulang Tahun oleh Bupati Samosir dan Wakil Bupati Samosir disaksikan Forkopimda, Mantan Bupati dan Wakil Bupati Samosir serta seluruh tamu undangan dilanjutkan dengan pembagian kue kepada tamu undangan dan camat se-Kabupaten Samosir.
 
“Dirgahayu Kabupaten Samosir XIX kepada segenap masyarakat kabupaten samosir dimanapun berada, mari kita selalu bergandengan tangan untuk percepatan pencapaian visi kabupaten samosir, yaitu “terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” kata Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengawali pidatonya.
 
Bupati Samosir menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemrakarsa Kabupaten Samosir dan mantan Bupati/Wabup, mantan penjabat yang sudah melaksanakan pembangunan di Kabupaten Samosir.
 
Lebih lanjut disampaikan, Perayaan hari jadi kabupaten samosir XIX tahun 2023, sebagai ungkapan syukur kepada Yang Maha Kuasa, atas penyertaan Tuhan dalam sembilan belas tahun perjalanan kabupaten samosir. Melihat masa lalu sebagai sebuah rantai sejarah, sebagai fondasi yang sangat bernilai untuk refrensi menapaki masa kini dan masa depan.
 
Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir sebagai salah satu sarana untuk melihat perjalanan kehidupan yang dapat dimaknai untuk menjawab persoalan dan tantangan ke depan, dengan demikian akan dapat Merancang sebuah formula masa depan berdasarkan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu.
 
Dalam pidatonya, Bupati Samosir menyampaikan beberapa keberhasilan penyelenggaraan pemerintah Kabupaten Samosir, pertama dalam bidang kesehatan meraih penghargaan universal health coverage (UHC) dimana 139,041 jiwa atau mencapai 97,7 persen masyarakat kabupaten Samosir telah mendapatkan jaminan kesehatan melalui BPJS kesehatan. Penambahan fasilitas pelayanan unit Haemodialisis di RSUD dr Hadrianus Sinaga, sehingga para pasien gagal ginjal tidak perlu lagi melakukan cuci darah keluar kota.
 
Kedua, Kabupaten Samosir berhasil menurunkan angka stunting sebesar 2,1 persen dari angka 28,4 persen menjadi 26,3 persen. Memperoleh penghargaan kabupaten layak anak (KLA) kategori pratama dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.
 
Ketiga, dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus mendengarkan secara langsung aspirasi dan keluhan masyarakat. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.