Peresmian jalan.

DELI SERDANG, Jakartaobserver.com- Kehadiran Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan di Blok 1, Dusun 11, Desa Tandem Hilir II, Kecamatan Hamparan Perak, Selasa sore (7/3/2023), pukul 15.15 WIB, disambut antusias oleh warga.
 
Memasuki area acara, Bupati disuguhkan dengan kesenian adat Jawa, Reog Ponorogo. Kedatangan Bupati tersebut dalam rangka meresmikan Jalan Palapa sepanjang 2 kilometer.
 
"Saya bergembira ketika mendapati masyarakat antusias atas kegiatan infrastruktur ini. Infrastruktur menjadi fokus utama, selain pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lainnya. Semoga berbagai program yang sudah direncanakan bisa berjalan baik. Pembangunan sudah bisa lebih kita giatkan. Semoga terus berkelanjutan," ucap Bupati.
 
Dari kunjungan di Kecamatan Hamparan Perak, dan khususnya Desa Tandem Hilir II itu, Bupati berharap bisa mendapat kejelasan tentang apa-apa yang diperlukan dan masih bisa dilakukan Pemkab Deli Serdang sesuai kemampuan anggaran tahun 2023 ini. Dan apa yang mungkin dilakukan di tahun 2023 melalui angaran perubahan.
 
"Pembangunan infrastuktur merupakan salah satu menjadi perhatian utama Pemkab Deli Serdang. Karena meyakini, masyarakat sangat membutuhkan. Tidak hanya dalam kenyamanan berkendara, tapi lebih penting lagi dalam rangka mobilisasi orang dan produksi pertanian, khususnya dari masyarakat. Mudah-mudahan dengan doa dan dukungan semua pihak, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Deli Serdang bisa terus berlanjut," harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Deli Serdang Janso Sipahutar, ST, MT menjelaskan Jalan Palapa di Blok 1, Dusun 11, Desa Tandem Hilir II, Kecamatan Hamparan Perak yang merupakan akses antar desa tersebut sepanjang 2 kilometer.
 
Dari 2 kilometer itu, 1,4 kilometernya merupakan pengasapalan yang berasal dari anggaran tahun 2022, dan 550 meter dilakukan rigid beton tahun 2021. Anggaran bahan dan upah tukang yang profesional melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Deli Serdang sebesar Rp1,3 miliar dan selebihnya bekerjasama dengan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0201/Medan. 
 
"Mulai tahun 2021, kita melakukan rigid beton sekitar 550 meter. Kita juga melakukan sirtu sebanyak 1,4 kilometer bekerjasama dengan Kodim 0201/Medan. Kemudian kita lanjutkan pengasapalannya di tahun 2022. Anggarannya tahun 2021 dan 2022," jelas Janso.
 
Sebelumnya, Harnain, tokoh masyarakat Desa Tandem Hilir II, H Ashari Tambunan merupakan Bupati Deli Serdang kedua yang datang ke Desa Tandem Hilir II setelah Bupati Tentenjg Ginting. 
 
"Sejak tahun 1970 sampai 2023, desa kami ini dua kali didatangi Bupati. Pertama, Pak Tenteng Ginting dan kedua adalah Bapak Bupati Ashari Tambunan," sebutnya.
 
Dikatakannya lagi, sejak dulu warga Desa Tandem Hilir II memimpikan jalan di desa mereka bisa bagus. Dan, mimpi itu baru terwujud di masa Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan.
 
Pun begitu, sambungnya, kendati jalan-jalan di desa itu sudah mulus, namun untuk lahan pertanian masih terdapat masalah. "Terima kasih Bapak Bupati. Jalannya sudah bagus-bagus semua. Hanya kami berharap, jika turun hujan, sawah kami seperti laut. Dan ketika gersang, lahannya tandus. Untuk itu, kami juga berharap ada perhatian dari Pemkab Deli Serdang, agar pertanian di desa kami ini juga maju, bisa membuat masyarakat kami sejahtera," harapnya. (Jun)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.