Syukuran Hari Pers Nasional “Pers Samosir Bersatu” Bersamaan Valentine Day

Syukuran HPN ke-77 tahun 2023 di Kabupaten Samosir, Sumut.

SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Hari Pers Nasional (HPN) ke-77 tahun 2023, Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah. Setelah sukses dilaksanakan di Kota Medan pada 9 Februari lalu, kalangan pers Samosir menggelar syukuran di Aula HKBP Nainggolan, Selasa (14/2/2023) bersamaan dengan Valentine Day.
 
Syukuran HPN ke-77 Tingkat Kabupaten Samosir ini dihadiri Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Wabup Samosir Martua Sitanggang. Turut Hadir Forkopimda Kabupaten Samosir, anggota DPRD Noni Situmorang, SAB Rudi SM Siahaan, Hut Isasar Simbolon, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Sosial dan PMD F Agus Karo karo, Kadis Pendidikan Pemuda Olah Raga Jonson Gultom, Spd.
 
Kemudian Kadis Koperindag Rista Sitanggang, Kepala BKD Rohani Bakara, Kadis KB Perlindungan Anak Dr Friska Situmorang, Sekwan Risky Rumapea, Direktur RS Handrianus Sinaga Dr Iwan Sihaloho, TBPP Raun Sitanggang, Carles Sitindaon dan Camat Nainggolan Tino Nainggolan serta tokoh masyarakat Mangiring Naibaho, tokoh pemuda Nainggolan Rokiman Parhusip, tokoh pemerhati pers Op Andika Sitanggang, dan Amco Sitanggang.
 
"Kami mengadakan syukuran mengingat HPN yang dilaksanakan di Kota Medan sukses tanpa ada kendala serta berjalan dengan baik," kata Ketua Syukuran HPN Kabupaten Samosir Robin Nainggolan.
Robin menyampaikan, kegiatan ini berawal dari diskusi kecil bersama rekan-rekan wartawan yang bertugas di Kabupaten Samosir, maka terjadi kesepakatan agar dilaksanakan syukuran ini, dengan tema Pers Samosir Bersatu.
 
Presiden Joko Widodo pada acara HPN di Medan mengakan bahwa platform media-media banyak bermunculan, sehingga diharapkan pelaku-pelaku pers dan wartawan untuk menghasilkan pemberitaan yang bermanfaat terhadap kemajuan dan pembangunan bangsa.
 
Tokoh masyarakat Samosir, Mangiring Naibaho menyampaikan selamat kepada pers dan berharap pers selain bertugas menyampaikan berbagai informasi dan keputusan-keputusan pemerintah, pers juga berfungsi sebagai kontrol dan edukasi, termasuk dalam hal cita-cita bangsa, dan daerah.
 
Menurutnya, seorang wartawan maupun jurnalistik, harusnya kompeten agar dapat mencerdaskan sebagai fungsinya. Agar apa yang diharapkan atau cita-cita negara tercapai. Tugas Pers atau Jurnalis sangat luas.
 
"Bisa menjadi alat kontrol, bisa menjadi autentikator, bisa menjadi suatu alat suatu negara maupun daerah menerobos tujuan untuk perbaikan. Sehingga pers itu harus bersinergi dengan pemerintah dalam mencapai cita-cita bersama," ucapnya.
 
Mangiring juga menyampaikan , wartawan juga harus beradaptasi terhadap masyarakat, memberikan pencerahan, pembelajaran, agar masyarakat mengerti bagaimana pemerintahan yang baik.
Maka kesimpulan, adalah bahwa wartawan itu alat mematangkan demokrasi, apa dan kemana tujuan bangsa. "Dengan tajuk Pers Samosir Bersatu apakah selama ini pers di Samosir sebelumnya tidak bersatu?" kata Mangiring dengan nada tanya.
 
Pers harus menjadi corong masyarakat. Wartawan juga ada norma dan kaidah. Maka pers di Kabupaten Samosir, kata Mangiring lagi, harus turut mendampingi Pemkab Samosir dalam menampung aspirasi masyarakat.
 
Pemerhati pers Kabupaten Samosir Maju Sitanggang dalam kata sambutannya menyampaikan, sesuai dengan motto atau tajuk kegiatan ini; Pers Samosir Bersatu, maka pers di Samosir juga harus bersatu membantu pembangunan.
 
"Dulu Samosir sebelum dimekarkan, kerap dilecehkan, ini sejarah, perjuangan pemekaran Kabupaten Samosir tokoh masyarakat bersama dengan pers ikut memperjuangkan pemekaran," ungkapnya.
 
Maju Sitanggang juga meminta kepada Bupati Samosir agar memperhatikan kesejahteraan pers di Samosir tujuannya agar para wartawan cerah dalam menuliskan berbagai berita.
 
Pemilik media Gorgajenius, Jesron Sihotang didampingi Indra Sianipar dan Cristin Tambunan dari PT GHM Fery Tao Toba dan PT Maybart Parapat Kabupaten Simalungun mengungkapkan, sebagai pers dengan berbagai media dan kualitas. "Ayo kita berkarya. Bersaing di lapangan, namun kita tetap bersatu di Pangkalan,” katanya singkat.
 
Manager relation PT Toba Pulp Lestari Dedy Armaya mengucapkan selamat atas syukuran HPN di Kabupaten Samosir, dan pihaknya di TPL selalu bermitra dengan pers, dan itu merupakan pesan dalam berbangsa dan bernegara.

Mewakili Forkopinda Noni Sulvia Situmorang anggota DPRD Samosir didampingi Kabag Ops Polres Samosir mewakili Kajari Kasi Intel Richat Simaremare dan mewakili Dandim Taput Danramil Nainggolan meyampaikan kemajuan suatu negara maupun daerah tentu pers harus berperan.
 
Bupati Samosir yang hadir bersama wakil bupati mengatakan pihaknya sama-sama dipilih oleh masyarakat, satu mitra, maka pers supaya memahami, mereka berdua biasa saja.
 
"Bahwa insan pers itu adalah mitra pemerintah, bukan lawan, pers harus bisa mengkritik pemerintah, jangan karena ada kepentingan. Ayo kritik kami, karena belum tentu kebijakan-kebijakan pemerintah sudah tepat. Maka sampaikanlah kritik itu dengan baik dan benar, agar bisa ada perbaikan," kata Vandiko T Gultom.
 
Dikatakan, pers maupun wartawan itu harus mencari informasi sampai ke masyarakat, agar informasi dan berita tersampaikan kepada masyarakat secara benar.
 
Pada bagian lain, Wakil Bupati Martua mengatakan masyarakat perlu berita yang mendidik ataupun edukasi. Perlu juga berita yang mencerdaskan agar bermanfaat, dan bermakna baik masyarakat.
 
"Kalau memang kinerja pemerintah tidak betul, ya beritakan supaya masyarakat mengetahui. Itu sebagai kontrol, yang mengawasi pemerintahan itu salah satunya adalah wartawan ataupun jurnalis. Untuk itu jangan ragu memberikan kebenaran," tandas Wakil Bupati Martua lagi.
 
"Bersatulah insan pers dalam kebenaran untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Samosir. Selamat Hari Pers Nasional, bersatulah pers Samosir ke depan," kata Martua mengakhiri. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.