Apel kesiapan Ops Hopal Toba 2023 di Polres Samosir.

SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Polres Samosir menggelar apel kesiapan Ops Hopal Toba 2023 di halaman Mako Polres Samosir Jalan Danau Toba, Pangururan, dalam rangka penyelenggaraan event F1H2O Power Boat pada 23-26 Februari 2023.
 
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman menyebut, seri balap F1H20 di Danau Toba menjadi salah satu daya tarik bagi pariwisata domestik maupun wisatawan mancanegara. Ajang F1 powerboat (F1H20) world Championship ini merupakan salah satu upaya pemerintah Untuk terus menggenjot sektor pariwisata sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional tahun 2023-2024.
 
"Dengan diselenggarakannya F1H20 di Danau Toba, kita berharap dapat menarik wisatawan pasca pandemi covid-19, sekaligus mendorong ekonomi dan pariwisata di daerah sekitar dapat tumbuh dan berdampak positif pada masyarakat dan multiplier effect serta peningkatan perputaran ekonomi terhadap potensi pariwisata, olahraga, serta ekonomi kreatif di toba maupun di indonesia," katanya.
 
Dalam rangka hal tersebut Polda Sumut telah menyiapkan Sistem rekayasa lalu lintas di wilayah Balige, kabupaten Toba yang berlaku selama perhelatan balapan kapal super cepat internasional F1 powerboat 2023 dan juga menggelar tactical floor game (TFG) yang diikuti oleh seluruh stakeholder keamanan dalam rangka persiapan pengamanan F1H2O World Championsip Lake Toba.

Untuk keamanan, Polda Sumut telah melakukan latihan pengamanan untuk memastikan rekayasa lalu lintas. Semua Event keamanan itu sekaligus tetap memastikan kegiatan masyarakat berjalan dengan baik dan melakukan apel gelar Pasukan sebagai penanda kesiapan melalui Operasi Hopal Toba 2023.
 
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memimpin secara langsung TFG pada hari Kamis (16/2/2023 di pendopo rumah dinas bupati toba. TFG adalah metode pengamanan suatu acara yang dilakukan menggunakan Bantuan floor game, yang bertujuan untuk memberikan bambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di lapangan.
 
Kapolda dalam arahanya mengatakan bahwa TFG ini berguna untuk mengkomunikasikan pelaksanaan tugas di lapangan serta pengamanan di seluruh venue (lokasi) utama, maupun Wilayah side event (kegiatan tambahan), sehingga Diharapkan penyelenggaraan F1 Power Boat World Championship Lake Toba berlangsung sukses.
 
Untuk itu guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan mensukseskan pelaksanaan event F1H2O, Jajaran polres samosir didukung instansi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Samosir telah melaksanakan berbagai Kegiatan menjelang pelaksanaan event yaitu pemasangan baliho oleh Dinas Kominfo dan personil Polres Samosir di pintu masuk pelabuhan.

Melaksanakan korve bersama dengan TNI, instansi Pemerintah dan masyarakat di wilayah seputaran Kabupaten Samosir. Melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalin di Pintu masuk pelabuhan yang mana di prediksi banyak nya Wisatawan yang akanberkunjung dan berlibur di wilayah Kabupaten Samosir menjelang dan pasca pelaksanaan Event F1H2O.
 
Melakukan pengecekan ketersediaan kamar hotel yang akan dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun Internasonal pada saat event berlangsung.
 
Pada pelaksanaan apel gelar kesiapan ini menandakan bahwa Seluruh personil pengamanan baik TNI, Polri dan komponen masayarakat dan instansi pemerintah siap mengamankan, menyamakan langkah, persepsi dan pola pikir guna dapat mengantisipasi setiap kemungkinan potensi yang dapat terjadi pada saat terselenggaranya kegiatan balap F1H2O Powerboat. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.