Kegiatan Jumat Curhat di Pelabuhan Mogang, Palipi, Samosir.

SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Personil Polsek Palipi mendampingi PJU Polres Samosir dalam melaksanakan kegiatan program Jumat Curhat dan bertatap muka dengan masyarakat setempat di Pelabuhan Mogang, Desa Pallombuan, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut(, Jumat (24/2/2023).
 
Dalam kegiatan ini Plt Wakapolres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean, SH didampingi oleh Kabag Ren Polres Samosir Kompol Kristian Sianturi, SSos, MH, Kabag Ops Polres Samosir Kompol M Hasan, SH, MH, Kasat Intelkam Polres Samosir AKP Liber Marpaung, Kasat Samapta Polres Samosir AKP Tito Juardi dan lainnya.
 
Polres Samosir bertemu dengan masyarakat Desa Pallombuan yang didominasi oleh pengusaha kapal penumpang khususnya untuk perairan Danau Toba yang menghubungkan Kecamatan Palipi dan Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir.

Dalam pertemuan tersebut dilaksanakan dengan latar Danau Toba, dPolres Samosir mendapat masukan ataupun pertanyaan dari masyarakat yang langsung diberikan masukan. Pertanyaan tersebut mendapat respon dari Polres Samosir.
 
Masyarakat pengusaha kapal penumpang pelabuhan Mogang mengeluhkan keterbatasan minyak solar operasional kapal, dimana jatah yang diberikan melalui Dinas Perhubungan hanya 105 liter per minggunya dari SPBU Pangururan.
 
Terhadap hal ini, Kompol Saut Tulus Panggabean, SH menyebut opsi pertama terhadap permasalahan ini pihak Polsek Palipi untuk mencari masyarakat setempat yang mampu untuk mendirikan Pertamina Mini di dekat pelabuhan dengan ijin dari Pertamina dan untuk opsi kedua Polres Samosir akan berkoordinasi dengan Kadishub Kabupaten Samosir supaya memperhatikan jumlah BBM dan memprioritaskan pengusaha Kapal Pelabuhan Mogang mengingat transportasi danau Kecamatan Palipi ke Kecamatan Sitio-tio maupun sebaliknya hanya menggunakan kapal.
 
AKP Liber Marpaung berharap "Agar pengusaha Kapal di Pelabuhan Mogang membentuk kelompok, membuat daftar anggota pemilik kapal, kebutuhan BBM Kapal untuk dikoordinasikan dan dilaporkan ke Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir, sehingga permasalahan BBM operasional pengusaha Kapal menjadi perhatian Pemerintahan Kabupaten Samosir untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan kelancaran transportasi masyarakat. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.