Apel siaga Pantarlih se-Kabupaten Samosir, Sumut.

SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SH, SIK, MH menghadiri apel kesiapan Pantarlih yang diikuti 464 orang peserta se-Kabupaten Samosir. Kegiatan apel dilaksanakan di Terminal Onan Baru-Pangururan, Minggu (12/02/2023).
 
Kegiatan pelaksanaan Apel Kesiapan Pantarlih dilaksanakan berdasarkan surat KPU RI No 124 / PL.01-SD / 14 / 2023, Perihal Penjadwalan Pendataan PPS Pelaksanaan Apel Kesiapan Pantarlih, Pengukuhan Pantarlih serta Bimtek pada Pemilu 2024 se-Indonesia.
 
Dalam pelaksanaan kKegiatan Apel Pantarlih dihadiri juga Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir, Serta Staf KPU Samosir, Dandim 0210 / TU diwakilkan Danramil, Kejaksaan Kabupaten Samosir, Kapolsek Pangururan, Camat Pangururan, Ketua PPK Pangururan, dan Para Ketua PPS Kecamatan Pangururan.
 
Bupati Samosir dalam sambutanya mengatakan proses penyusunan daftar pemilih dimulai 14 Oktober 2022 sampai 21 Juni 2023.
 
” Pada hari ini kita berada pada tatapan pemuktahiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih yang prosesnya di mulai sejak 14 Oktober 2022 sampai dengan 21 Juni 2023,” jelas Bupati.
 
Vandiko juga mengatakan pada tahun 2024 akan dilaksanakan pemilihan umum secara serentak. "Kita mengetahui bersama UU No 7 Tahun 2017 dan UU No 10 tahun 2016 telah mengamanahkan bahwa pada tahun 2024 akan dilaksanakan pemilihan umum secara serentak dalam 1 tahun yaitu pemilihan presiden, legislatif, dan pemilihan kepala daerah.”
 
Lanjut orang nomor satu di Kabupaten Samosir ini menjelaskan, tugas yang dijalankan oleh Pantarlih tentu adalah merupakan tugas yang sangat penting dan strategis karena menyangkut hak konstitusi warga negara dalam menggunakan hak pilihnya demi suksesnya penyelenggaraan pemilu.
 
"Kami harapkan Pantarlih untuk melaksanakan tugas dengan baik dan teliti serta bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” harap Vandiko.
 
"Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Samosir untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan oleh petugas kemuktahiran data,” pintanya.
 
Di tempat yang sama Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SH, SIK, MH dalam sambutannya berharap proses penyelenggaraan Pemilu bisa berkerja sesuai ketentuan yang berlaku.
 
"Kami harap seluruh penyelenggara pemilu agar bekerja sesuai ketentuan yang berlaku pada Pemilu 2024,” tegas orang nomor satu di jajaran Polres Samosir tersebut.
 
Yogie juga meminta agar anggota Pantarlih bisa berkerja dengan penuh kesabaran. "Agar tahapan penyusunan data daftar pemilih dilakukan dengan teliti supaya tidak bermasalah atau tidak valid pada tahapan pemilu,” sambungnya. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.