Nasi Kapau, Hidangan Asal Sumbar yang Melegenda Hingga Mancanegara

Nasi kapau

DEPOK, Jakartaobserver.com- Hidangan khas asal Minangkabau, Sumatera Barat memang menjadi sajian yang menggugah selera. Makanan ini hampir disukai banyak orang karena citarasanya yang kental dengan rempah-rempah. Tak heran jika olahan makanan ini kerap menjadi pilihan masyarakat Indonesia dan mancanegara.
 
Nasi Kapau salah satunya, yang sudah menjadi hidangan mancanegara dan tersebar ke penjuru dunia. Dari literasi yang ada, Nasi Kapau adalah nasi rames khas Nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.
 
Kuliner tersebut, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (babat) atau paruik kabau.
 
Disebut Nasi Kapau, karena awalnya memang yang menjual adalah masyarakat dari Nagari (Desa) Kapau (terletak di dekat Bukittinggi).
 
“Nah, orang-orang Nagari Kapau inilah yang memplopori makanan mereka di luar wilayah Kapau, sehingga mereka menyebutnya Nasi Kapau,” kata pengelola RM Nasi Kapau Raja Ganda, Yodi Adiyoso, Kamis (20/10/2022).

Ciri unik dari Nasi Kapau adalah sendok gulainya. Karena posisi duduk penjualnya, seringkali terlalu jauh untuk menjangkau semua wadah yang ada di atas sebuah meja besar. “Mereka pasti menggunakan sendok bertangkai panjang untuk mengambilkan lauk-pauk yang ada,” ujarnya.
 
Berbeda dengan Nasi Padang yang berasal dari Kota Padang. Nasi Kapau awalnya dijual di Bukittinggi, Sumatera Barat. “Seiring waktu, Nasi Kapau pun telah menyebar ke sejumlah daerah, bahkan sampai ke luar negeri,” tambahnya.
 
Untuk di kawasan Jakarta, keberadaan pedagang Nasi Kapau cukup menjamur. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Nasi Kapau Raja Ganda di Citra Towers, Unit LG No 01, Jalan Benyamin Suaeb, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. “Selain rasanya yang terkenal lezat, harganya juga cukup bersahabat kok,” ujarnya.
 
Disini, pengelola juga menyediakan ruang VIP yang nyaman untuk acara private dengan kapasitas hingga 12 kursi. Selain itu juga tersedia untuk menu box pilihan. “Kami juga menyediakan layanan antar untuk pemesanna dalam jumlah banyak,” pungkasnya. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.