Gempa Tapanuli Utara, Kantor Pemerintah dan Rumah Rusak Parah

Gedung sekolah (kiri) dan rumah warga (kanan) yang rusak akibat gempa.

TAPUT, Jakartaobserver.com- Tapanuli Utara (Taput) diguncang gempa magnitudo 6,0 SR  pada Sabtu (1/10/2022) dini hari. Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, gempa bumi tercatat terjadi sekira jam 02.28 WIB.
 
Sedangkan lokasi gempa berada di titik koordinat 2.13 LS, 98.89 BT, di kedalaman 10 Km. Pusat gempa berada di darat 15 Kilometer Barat Laut Tapanuli Utara.
 
Warga berhamburan keluar rumah akibat gempa tersebut dan berjaga jaga di tempat yang aman, listrik padam.
 
Pantauan Jakartaobserver.com beberapa tembok rumah warga roboh akibat gempa tersebut dan petugas dari Polres Taput dengan mobil patroli memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap di luar untuk menghindari gempa susulan berikutnya.

Gempa susulan terjadi sekitar pukul 03:37 WIB Kekuatan 5.0 SR dengan titik koordinat 2.03 LU, 98.97 BT kedalaman 10 KM. Gempa Susulan kembali sekira jam 03:50 WIB dengan Kekuatan 5.1 SR dengan titik koordinat  2.05 LU, 98.99 BT Kedalaman 10 Km.
 
Gempa juga dirasakan kuat di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hingga pagi warga masih berjaga jaga di luar rumah.
 
Informasi yang dihimpun sejumlah bangunan pemerintah, rumah ibadah dan rumah warga mengalami kerusakan parah, dan jalan menuju Salib Kasih Tarutung tertimbun longsor, diperkirakan penyebabnya karena gempa, demikian juga Jalan Marhusa di Simorangkir mengalami retak.
 
Beberapa orang mengalami luka akibat gempa tersebut. (Tulus Nababan) 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.