Punguan Pomparan Toga Sijabat Sedunia Gelar Sombu Sihol

Kegiatan Sombu Sihol di Lumban Sijabat, Desa Garoga, Samosir, Sumut.

GAROGA, Jakartaobserver.com- Punguan Pomparan Toga Sijabat (PPTS) Sedunia menggelar acara Sombul Sihol selama dua hari, 2-3 Juli 2022 di komplek Tugu Sijabat di Lumban Sijabat, Desa Garoga, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Ribuan pomparan Toga Sijabat dari berbagai daerah meriahkan acara tersebut.
 
Sombul Sihol pada hari pertama Sabtu (2/7/2922) diawali dengan acara kebaktian yang dilanjutkan dengan pembukaan tortor bersama.
 
Ketua Panitia Jaihut Sijabat melaporkan kegiatan Sombu Sihol dengan dana toktok ripe dari masing masing Keluarga Pomparan Sijabat Sedunia, dan dihadiri sekitar 5 ribu orang.
 
Hari kedua Minggu (3/7/2022), sambutan bupati Samosir yang diwakili Sekda Samosir Ir Hotraja Sitanggang yang merupakan keturunan Pomparan Toga Sijabat dilanjutkan Ketua Dewan Pembina Sahala Sijabat melantik Ketua Umum PPTS Barmen Sijabat.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PPTS Barmen Sijabat mengatakan pelaksanaan Sombu Sihol didasari dengan kasih dari Tuhan Maha Esa dengan slogan Hasadaon do Hasangapon ta Dihadapan.
 
Ketua Keluarga Besar Jawak se-Indonesia Maruli Sijabat dalam sambutannya mengatakan pomparan Toga Sijabat sudah tersebar di seluruh Nusantara salah satu daerah Tanah Karo disebut (Ginting Jawak) dan daerah Simalungun Disebut Djawak (Saragih Djawak) keduanya adalah keturunan Toga Sijabat nomor tiga dari tujuh sohe keturunan Toga Sijabat. Pesta Sombul Sihol dimeriahkan Tarian Tortor Etnis Batak Karo dan Batak Simalungun.
 
Penghujung acara Tortor Batak bersama Pomparan Toga sijabat dan Boruna dan dihadiri Pomparan Siopat Ama Sidabutar Sijabat Siadari Sidabalok dan pomparan Raja Naiambaton. Tampak Hadir Ketua Umum ParnaSedunia Letjen Purn Cornel Sijabat. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.