Presiden Jokowi Sambut Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Bogor

Presiden Jokowi menyambut Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/06/2022).

BOGOR, Jakartaobserver.com- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier dengan upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/06/2022).
 
Tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB, kedatangan Presiden Frank-Walter Steinmeier disambut iringan pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).
 
Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.
 
Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang tampak hadir antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, serta Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, I Gede Ngurah Swajaya.
 
Selesai memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Frank-Walter Steinmeier untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon cendana bersama oleh Presiden Jokowi dan Presiden Frank-Walter Steinmeier di halaman belakang Istana.

Selepas penanaman pohon, kedua pemimpin kemudian menuju veranda belakang Istana untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral.
 
Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin diagendakan akan melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan oleh Presiden Jokowi di Ruang Garuda.
 
Kunjungan Presiden Frank-Walter Steinmeier ke Indonesia kali ini adalah dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman. Kunjungan juga dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang mulai dari investasi, perdagangan, transisi energi, dan kerja sama antara G20 dan G7.
 
Presiden Frank-Walter Steinmeier tiba di Indonesia melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (15/06/2022) sekitar pukul 19.25 WIB dan direncanakan akan berada di Indonesia selama tiga hari. Sebelum lawatan ke Indonesia, Presiden Jerman mengunjungi Singapura dari tanggal 13 hingga 15 Juni. (jo2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.