PT Astra International Kembangkan 3 Desa Wisata dan Tanam 130 Ribu Pohon di Kabupaten Samosir

Bupati Samosir bersama jajarannya.

PANGURURAN, Jakartaobserver.com- Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Pj Sekretaris Daerah, Asisten I, Kadis Pariwisata, Plt Kadis Kominfo, Kabid Lingkungan Hidup melakukan audiensi secara zoom dengan jajaran Direksi PT Astra International, Tbk dari ruang kerja bupati Samosir, Selasa (10/5/2022).
 
Audiensi tersebut adalah rangka bantuan CSR PT Astra International kepada Pemkab Samosir melalui Program Penanaman Pohon dan Carbon Offsetting di Desa Hariara Pohan Kabupaten Samosir dengan tujuan untuk mengurangi jumlah emisi karbon yang ada di atmosfer dan mencegah terjadi perubahan iklim.

Program penanaman pohon tersebut akan dimulai secara ceremony pada tanggal 30 Mei 2022 menyasar pada lahan seluas 125 hektare dengan target 130 ribu batang pohon untuk jangka panjang selama dua tahun. Setiap 1 Ha lahan direncanakan akan ditanami 125 batang pohon kehutanan, 83 pohon produktif dan 800 batang tanaman kopi.

Program penanaman pohon tersebut merupakan bantuan CSR kedua oleh PT ASTRA International, setelah sebelumnya PT ASTRA telah memberikan bantuan pengembangan 3 desa wisata dalam program, Desa Sejahtera Astra, yaitu Desa Huta tinggi, Desa Hariara Pohan dan Desa Cinta Dame.

Dalam program pengembangan Desa Wisata Astra, yang telah berjalan mulai dari tahun 2021 telah menyasar pada pengembangan desa wisata melalui potensi desa wisata masing-masing, baik dari komoditas, kewirausahaan, wisata dan budaya, dan salah satu Desa Wisata Astra telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia, yaitu Desa Huta Tinggi.



Head of CSR & Social Engagement PT Astra, Triyanto, menjelaskan bahwa program penanaman pohon ini bukan hanya konteks pemberdayaan lingkungan tetapi juga pemberdayaan desa dan masyarakat di sekitar. Program penanaman pohon tersebut akan dituangkan dalam nota kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dengan mendorong keterlibatan masyarakat dalam proses penanaman, perawatan dan pemantauan dalam jangka panjang yang akan berdampak pada kesehjateraan masyarakat desa tersebut.

Sementara itu, Head Environtment PT Astra, Bondan Susilo, menjelaskan pihaknya telah berkordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup, dalam hal ini dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara Wilayah XIII Dolok Sanggul, karena lahan yang akan ditanami progam tersebut adalah lahan milik Komite Pengelolaan Hutan (KPH) Dolok Sanggul.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemkab Samosir mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT. Astra International yang telah menjadikan Kabupaten Samosir sebagai daerah prioritas bantuan CSR dalam hal pemberdayaan masyarakat dan lingkungan dan pengembangan desa-desa wisata.

Bupati menjelaskan juga bahwa sebelumnya PT. Astra International telah memberikan bantuan pengembangan tiga desa wisata di Kabupaten Samosir sebagai Desa Sejahtera Astra, yakni Desa Huta Tinggi, Desa Hariara Pohan dan Desa Cinta Dame.

Melalui progam penanaman pohon tersebut, bupati mengharapkan program CSR tersebut dapat berkelanjutan dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat. Bupati berharap progam penanaman pohon tersebut dapat bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dalam hal ini KPH Dolok Sanggul, sehingga kegiatan tersebut dapat mengikuti peraturan dan regulasi yang ada agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Kedepannya, Bupati berharap PT. Astra International dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam pengembangan desa-desa wisata dan pemberdayaan lingkungan dan masyarakat, termasuk dalam hal bantuan pemasangan solar panel yang sangat dibutuhkan desa-desa wisata di Kabupaten Samosir. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.