Perayaan Taon Baru Batak Artia Sipaha Sada di Tomok.

TOMOK, Jakartaobserver.com- Perayaan Taon Baru (Tahun Baru) Batak Artia Sipaha Sada digelar di objek wisata Tomok, Kecamatan Simanindo Samosir, Sumatera Utara (Sumut) selama dua hari, Kamis sampai Jumat (3-4/3/2022).
 
Diawali dengan kebaktian rohani dan dimulai secara adat Batak dengan alat musik gondang, acara ini diisi berbagai lomba seperti fashion show ulos, opera Batak diiringi musik gondang dan dihibur Marsada Band dan Nauli Sister.
 
Acara puncak Taon Baru Batak Artia Sipaha Sada dimulai pukul 18.00 sore sesuai pergantian hari Batak dengan menyalakan meriam bambu dan kembang api. Gondang dipandu Kepala Dinas Pariwisata Tetti Naibaho didampingi Op Marlundu Sijabat salah satu tokoh budaya Batak.Perayaan ini diiniasi asli putra Desa Tomok Harry Bos Sidabutar.
 
Harry Bos Sidabutar yang juga menjadi Ketua Panitia dalam sambutannya mengangkat kembali budaya Batak dan berharap kepada pemerintah pusat menjadikan Taon Baru Batak menjadi hari libur nasional.

 "Saya berharap agar para perantau turut mendukung agar Taon Baru Batak ini menjadi hari libur, dan menjadikannya hari berlibur dan pulang kampung," katanya.

Kepada The Jakarta Observer sebelum acara, Harry Bos Sidabutar menuturkan perayaan Taon Baru Batak sudah hampir setahun dibahas bersama kawan kawan dari daerah lainnya mengingat suku Batak memiliki tulisan aksara Batak mari menggali budaya Batak," ujarnya.
 
Lebih lanjut Sidabutar mengatakan perayaan Taon Baru Batak ini pertama kali dikumandangkan di daerah objek wisata Tomok dan untuk tahun berikutnya silahkan dimana digelar sesuai kesepakatan.
 
Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti prokes. Personil Polres Samosir yang dipimpin langsung Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon menggelar gebyar vaksin massal baik untuk vaksin 1, 2 dan boster.

Tampak hadir Drs Martin Sirait, Benny Pasaribu, Nanser Sirait dan lainnya. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.