Gubernur Ridwan Kamil Ground Breaking Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok

Ground breaking proyek pembangunan underpass Dewi Sartika, Depok, Jabar.

DEPOK, Jakartaobserver.com- Proyek pembangunan underpass Dewi Sartika, Depok dimulai. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Proyek tersebut menelan anggaran ratusan milar rupiah. Dengan rincian, biaya pembebasan lahan senilai Rp 180 miliar dan untuk konstruksi Rp 108 miliar.
 
Pembiayaannya kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kota Depok. “Kita kerjasama pembebasannya oleh Pemerintah Kota Depok. Dan konstruksinya dari dana Provinsi Jawa Barat,” kata RK di Depok, Senin (14/2/2022).
 
Pengerjaan proyek tersebut ditargetkan rampung dalam waktu 10 bulan. Sehingga nantinya jalan tersebut bisa dinikmati warga. “Dalam waktu 9 sampai 10 bulan kita akan punya underpass baru,” ungkap RK.
 
Pemimpin Jabar Juara itu menuturkan, underpass tersebut dapat mengatasi kemacetan yang sering terjadi. Karena di lokasi tersebut masih terdapat perlintasan sebidang antara rel kereta dengan kendaraan umum.
 
“Insya Allah lalu lintas di Depok makin lancar. Ini akan menghilangkan pertemuan lalu lintas dengan jalur kereta api yang selama ini karena sering membuat macet luar biasa dan produktivitas juga jadi tersendat-sendat,” tukasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono menambahkan, pembangunan underpass ini merupakan kerja kolaborasi bersama antara Kota Depok dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika panjangnya 970 meter. Sedangkan untuk underpassnya sepanjang 470 meter.
 
“Dengan biaya yang kita siapkan sebesar 279,6 miliar. Dimana untuk biaya pembebasan lahan lebih kurang sebanyak atau seluas 8.865 meter persegi menelan biaya Rp 189 miliar yang dibiayai dari APBD Kota Depok. Sedangkan biaya konstruksi sebesar Rp 108,6 miliar dari APBD provinsi Jawa Barat,” katanya.
 
Panjang jalan tersebut sekitar 970 meter, sedangkan panjang undepass 470 meter dengan lebar underpass 11 meter. Untuk lebar perkerasannya 7 meter. Jumlah lajur yaitu 2 lajur 1 arah. Lebar trotoar 2 kali 1 meter. Pembangunan undepass Dewi Sartika ini diharap dapat mengurai kemacetan yang setiap hari selalu macet.
 
“Mengurai antrian yang disebabkan perlintasan kereta api dan memberikan keselamatan tentunya untuk para pengguna jalan sehingga dapat meningkatkan konektivitas pertumbuhan ekonomi di Kota Depok,” pungkasnya. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.