Alexander Gultom

TAPUT, Jakartaobserver.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) akan menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter) sebagai langkah antisipasi terhadap Covid-19 varian Omicron, yang jumlahnya terus meningkat di Indonesia, secara khusus di Sumatera Utara (Sumut).
 
"Saat ini Isoter masih tahap persiapan dan  pembenahan perlengkapannya yang berkapasitas 48 tempat tidur. Tujuannya Isoter siap difungsikan bila sewaktu-waktu dibutuhkan," ungkap Kadis Kesehatan Taput Alexander Gultom, Senin  (21/2/2022).
 
Alex menuturkan, Dinas Kesehatan Taput ingin meminimalisir penyebaran dengan melakukan tracing secara cepat. Untuk itu ia menjelaskan, Dinkes segera merespon jika ada ditemukan dugaan kasus.
 
"Meskipun belum dipastikan Omicron, langsung kita periksa untuk mengetahui ada warga positif Covid-19. Kemudian kita periksa juga siapa yang kontak erat dengan yang bersangkutan, kita tidak ingin kecolongan," ujarnya. 

Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat jika tidak begitu penting sebaiknya tidak keluar daerah. Masyarakat juga harus patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilisasi dan menghindari kerumunan (5M). 

Sebab penularan Covid-19 baik jenis varian Delta dan Omicron adalah melalui droplet atau percikan air liur dari mulut dan hidung orang yang terinfeksi.
 
"Kita meyakini jika mematuhi prokes dan 5M dipastikan bisa mencegah penyebaran atau penularan virus," katanya. (Tulus Nababan)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.