Usaha hidroponik yang difasilitasi Ketua BNN Pematang Siantar.

PEMATANG SIANTAR, Jakartaobserver.com- Ketua BNN Pematang Siantar Dr Tuangkus Harianja, MM siap memfasilitasi pengguna narkoba melalui kegiatan yang positif dengan membuka lapangan kerja seperti hidroponik.
 
Dirinya berharap masyarakat bisa membuka usaha usaha yang bermanfaat melalui peluang hidroponik,kolam ikan dan lain lain saat awak media diundang ke kantornya di Kelurahan Suka Dame Kecamatan Siantar Utara, Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut).
 
"kita siap membantu dan memfasilitasinya asalkan mereka menyediakan wadahnya nanti kita siap mendorong mereka untuk benar benar berubah demi keluarga mereka,jadi kita tidak hanya mengatakan kalian berhenti gunakan narkoba tanpa ada solusinya," ungkap Tuangkus, Senin (3/1/2022) siang.
 
"Contohnya kolam ikan lele, ikan tawar, ikan nila kita buatkan pakannya sendiri dari magot karena itukan mudah sekali kita temukan dari tumpukan sampah sayuran juga banyak yang lain juga seperti porang jadi dari hal kecil kecil dulu, nah kalau sudah pastinya kita berharap mereka tidak lagi menggunakan barang haram itu," jelasnya.

Dr Tangkus Harianja, MM bekerjasama dengan HKTI Pematang Siantar Sugianto Wilis membuat wadah hidroponik tanaman daun selada menggunakan pipa menggunakan mesin untuk sirkulasi output dan input air.
Tuangkus Harianja

Hidroponik merupakan media tanam yang tidak lagi menggunakan tanam tanah tapi menggunakan media tanam Rockwool yang banyak menyerap air.
 
"Hidroponik sekarang sudah banyak digunakan karena prosesnya cepat dan tidak butuh waktu lama hanya dengan median tanam Rockwool, jadi kalau selada ini butuh waktu 30-45 hari bisa panen kalau sebelumnya hanya 7 hari setelah tiga daun lalu dipindahkan," ucap Sugianto. (jun)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.