Sebanyak 1,4 Juta Anak Usia 6-11 Tahun di Jabar Sasaran Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Jawa Barat.

DEPOK, Jakartaobserver.com- Sebanyak 1,4 juta anak usia 6-11 tahun di sembilan kabupaten/kota di Jawa Barat menjadi target sasaran vaksinasi Covid-19. Sembilan kabupaten/kota tersebut yaitu Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Bekasi.
 
Kesembilan kabupaten/kota tersebut bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun karena sudah mencapai target lebih dari 70 persen untuk total dosis 1 dan lebih dari 60 persen untuk dosis lansia.
 
“Ada sekitar 1,4 juta anak 6-11 tahun itu targetnya untuk sembilan kabupaten/kota. Jadi hari ini mereka mendapatkan kick-off. Setelah itu mereka akan melakukan suntikan 6-11 tahun seluruhnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana di Depok, Rabu (15/12/2021).

Kabupaten/kota yang belum mencapai target diminta untuk segera mengejar sehingga bisa dilakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Jika vaksinasi anak usia 6-11 tahun bisa banyak terlaksana di banyak kabupaten/kota di Jabar maka akan terbentuk herd immunity lebih cepat.
 
“Diharapkan sebetulnya secepatnya ya, kalau mereka ada, seperti tadi misalnya Depok. Depok ada 200 ribu, nah hari ini kan ada sekitar 250 yang di vaksin, kalau mereka tiap hari bisa (digelar ), 10 hari bisa selesai kan. Jadi dalam 2021 bisa selesai untuk yang di sembilan kabupaten/kota untuk yang lain makanya harus lebih dari 70 persen dulu cepat,” ungkapnya.
 
Nina mengatakan memang tidak mungkin vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Jabar selesai Desember 2021. Mengingat target yang disasar di Jabar cukup banyak.
 
“Anak di Jabar yang sembilan kabupaten/kota saja 1,4 juta. Jadi sebetulnya kalau kita ingin mencapai 70 persen dari seluruh sasaran, masih ada perlu waktu lagi untuk Jabar tidak bisa 31 Desember. Jadi masih ada beberapa kabupaten/kota yang belum tercapai sehingga kita menunggu keseluruhan,” akunya.
 
Terkait dengan capaian vaksinasi di Jabar saat ini sudah 68 persen. Sehingga masih harus dikejar 2 persen lagi agar sesuai target 70 persen. “Kan dari sasaran yang harusnya tercapai lebih dari 70 persen se-jawa barat, kita baru mencapai sekitar 68 persen, jadi ada 2 persen lagi yang untuk mencapai lebih dari 70 persen, Jawa barat itu,” pungkasnya. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.