Pelaksanaan perayaan Natal di Kota Depok berjalan lancar.

DEPOK, Jakartaobserver.com- Pelaksanaan ibadah Natal di Kota Depok berjalan lancar dan kondusif. Seluruh gereja menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Yaitu dengan mengurangi jumlah jemaat yang datang, melarang anak usia dibawah 12 tahun untuk hadir, mengecek suhu tubuh dan hanya yang sudah vaksin saja yang diperbolehkan mengikuti ibadah langsung di gereja.
 
Ibadah Natal berlangsung sejak kemarin hingga nanti malam di lebih dari 100 gereja di Kota Depok. Dalam pelaksaannya, tiap gereja dijaga oleh petugas gabungan TNI-Polri, pemerintah kota dan unsur masyarakat.
 
“Secara keseluruhan pelaksanaan ibadah Natal di Kota Depok berjalan lancar dan aman. Ini berkat sinergi yang dilakukan oleh Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok yang melakukan penjagaan di gereja-gereja yang menggelar ibadah,” kata Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri saat melakukan pemantauan di Gereja Katolik Santo Markus bersama Kapolrestro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar dan Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunte, Sabtu (25/12/2021).

Dari hasil pemantauan bersama, terlihat seluruh gereja menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Hal itu juga sesuai dengan Instrukti Menteri Dalam Negeri dan diturunkan dalam Peraturan Wali Kota Depok.
 
“Kita memantau ya prokes dijalankan dengan baik. Saya melihat semuanya menerapkan prokes dari mulai penerapan aplikasi PeduliLindungi, pengecekan suhu, jarak antar jemaat,” tukasnya.

Selain itu pengurangan jumlah jemaat yang datang juga diberlakukan. Sehingga hanya sebagian saja yang diperbolehkan hadir mengikuti ibadah langsung di gereja. “Termasuk kapasitas juga dikurangi. Rata-rata 50 persen,” tambahnya.
 
Sementara itu, Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar menambahkan, selain pengamanan yang dilakukan gabungan juga dilakukan pengamanan internal pihak gereja. Setiap jemaat yang masuk diperiksa dan juga disediakan Satgas Covid di tiap gereja.
 
“Jadi hasil rapat kita dengan pimpinan pimpinan gereja di Depok kita tetap mengimbau melakukan pengamanan internal, memeriksa para jemaah dan juga menyiapkan Satgas Covid,” katanya. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.