PKN Samosir saat melakukan penanaman pohon di Tele.

SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Perayaan HUT ke-2 tahun yang jatuh pada 1 Oktober 2021 Pemuda Karya Nasional (PKN) Samosir, Sumatera Utara (Sumut) menanam ratusan pohon berbagai jenis diantaranya pohon durian dan jengkol di kawasan di Tele, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.
 
Organisasi kepemudaan yang memilih jati diri sebagai penyalur aspirasi masyarakat itu, mengaku bersifat sukarela, sosial, mandiri, nirlaba, demokratis dan independen dalam menjalankan fungsinya.
Diusia yang masih muda sejak didirikan 1 Oktober 2019 – 1 Oktober 2021 (2 tahun) ulang tahun yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKN Kabupaten Samosir bersama seluruh anggota ikut membantu pemerintah dalam hal perbaikan lingkungan. Menanam pohon di Hutan Tele menjadi kegiatan dalam rangka merayakan hari jadi.
 
Sebelum melakukan penanaman pohon, kader PKN Samosir mengucapkan Selamat Ulang Tahun Pemuda Karya Nasional yang ke-2 tahun. “Selamat Ulang Tahun Pemuda Karya Nasional yang ke-2 tahun. PKN… maju, jaya, abadi!” ucap ratusan kader PKN Samosir secara bersama-sama.
 
Ketua DPC PKN Kabupaten Samosir Jemmi Pernando Simbolon mengatakan, kegiatan menanam pohon sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga dapat menurunkan pemanasan global.
 
“Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim,” ujar Jemmi P Simbolon.
 
Tidak sekadar menanam pohon, PKN Samosir juga mendidik masyarakat cara menanam pohon dan melindungi hutan. "PKN menegaskan bagi masyarakat yang ingin menebang pohon maupun pemanfaatannya? Tidak boleh sembarangan. Harus ada izin dari kepala desa dan pihak pihak terkait,” pinta Jemmi P Simbolon.

Tak lupa juga Jemmi P Simbolon mengajak kepada seluruh kader kader PKN hingga ke tingkat ranting (desa), untuk tetap memberi edukasi kepada masyarakat pentingnya penanaman pohon dan pelestarian Hutan, karena kabupaten Samosir memiliki hutan yang luas.
 
"Kepada semua kader PKN Samosir, untuk memberi edukasi kepada masyarakat akan pentingnya penanaman pohon dan pelestarian hutan, karena kabupaten Samosir kita ini hutannya luas sekali,” ajak Jemmi P Simbolon seraya mengepalkan tangan kanannya sambil meneriakan yel yel 'PKN, Maju Jaya Abadi'.
 
Ratusan kader Pemuda Karya Nasional Kabupaten Samosir di 9 kecamatan secara bersama sama melakukan penanaman pohon durian, jengkol di hutan Tele, Usai penanaman pohon rombongan Kader PKN Samosir kembali kelokasi perayaan yang diadakan di Hotel Surabaya Resort Aek Rangat, Kelurahan Siogungogung, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.
 
Dengan acara potong kue HUT PKN yang kedua dan dihadiri ratusan kader PKN, pengurus DPC dan pengurus ranting dengan dihadiri Ketua SPS Ria Gurning Ketua Karang Taruna Samosir Marco Simbolon.
 
Ketua PBB Samosir Roland Sitanggang, Ketua FBI Samosir Harisma Simbolon dihibur Trio Bagas, Trio Prodeo tanpa dihadiri Forkopimda Samosir. (josm 01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.