Germas

PANGURURAN, Jakartaobserver.com- Bupati Samosir Vandiko T Gultom membuka secara resmi kegiatan Promosi Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Samosir sebagai Lokus 2021 di halaman Kantor Bupati Samosir, Pangurusan, Samosir, Jumat (22/10/2021).
 
“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sangat penting dilaksanakan untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit tidak menular yang saat ini semakin banyak terjadi baik menjangkiti kaum tua maupun muda karena pola hidup yang tidak sehat” ujar Bupati Vandiko T Gultom.
 
Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa Germas merupakan suatu gerakan nasional yang sudah tertuang dalam Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat, perubahan pola hidup masyarakat yang semakin modern menjadi salah satu dasar Germas merubah kebiasaan masyarakat untuk hidup sehat.
 
“Perlu kerjasama antar lintas sektor, akademisi, pelaku usaha dan organisasi masyarakat sebagai tanggung jawab bersama akan masa depan dan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Samosir” ajak Bupati mengakhiri sambutannya.
 
Kegiatan promosi kesehatan di lima tatanan Germas dalam rangka pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat di kabupaten samosir ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama antara Pemkab Samosir dengan elemen masyarakat.
 
Pada kegiatan tersebut juga dipraktekan beberapa kegiatan germas antara lain cek kebugaran tubuh, senam sehat, jalan santai, dan mengkonsumsi buah-buahan untuk pemenuhan gizi. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.