Jelang Musim Hujan, Sudin SDA Jakbar Keruk Lumpur di Kali dan Olakan

Pengerukan lumpur di kali dan olakan di Jakarta Barat.

JAKARTA, Jakartaobserver.com- Menjelang musim penghujan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat (Sudin SDA) mengeruk lumpur di kali dan olakan di wilayah Jakarta Barat, Kamis (9/9/2021).
 
Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah luapan air akibat lumpur yang menumpuk di kali maupun di kolam olakan, dalam sekali pengerukan diterjunkan 100 orang personil.
 
"Sudah sebulan ini kami mengadakan pengerukan lumpur di Kali Grogol hulu, Kemanggisan Kali Sekretaris dan Kali Duri Kepa Kebon Jeruk dan kolam olakan Jalan Kyai Tapa, Grogol Petamburan, Jakarta Barat," kata Kasudin SDA Jakarta Barat Purwanti, saat dihubungi lewat telepon selulernya.
 
Di setiap pengerukan lumpur di kali maupun di olakan bisa mencapai 15.000 karung lumpurnya yang diangkat belum lagi yang memaki mobil damtruk.

Pengerukan lumpur pun dibantu alat berat eksavator milik Sudin SDA Jakarta Barat. "Untuk eksavator yang diterjunkan 27 unit akan tetapi tidak untuk digunakan semua untuk pengerukan lumpur di kali, ada juga buat saluran penghubung," jelas Purwanti.
 
Selain pengerukan lumpur Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat juga sedang membangun embung di Jalan Jaya 25 di belakang Rusun Plamboyan Cengkareng Barat untuk mencegah banjir.
 
"Pembangunan juga sudah mencapai 50 persen dimulai di bulan Februari," tegasnya. (jo19)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.