Pembahasan rencana pembentukan lembaga adat.

PANGURURAN, JO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir mengajak masyarakat mengadakan sosialisasi Rencana Pembentukan Lembaga Adat dan Assosiasi Parlapo di Kabupaten Samosir. Acara ini dilaksanakan di Hotel Vantas, Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (4/6/2021).
 
Pelaksanaan sosialisasi tersebut dihadiri Kadispora Kabupaten Samosir Drs Waston Simbolon bersama pemerhati adat, pemerhati dalam bidang pertanian dan seni budaya dan lingkungan.
 
Para narasumber yang hadir Marhuale Simbolon, Petrus Nainggolan (Seniman dan Ketua adat Batak di Provinsi Bali), Ober Gultom, Mangindar Simbolon, dan Batahan Siringoringo.

Dalam sosialisasi tersebut dibahas adat istiadat, bahasa dan seni budaya di kabupaten Samosir. Para narasumber menyarankan agar pemahaman lembaga adat di Kabupaten Samosir, diterapkan lebih akurat dan lebih luas lagi.
 
Penerapan budaya Batak disamosir seperti adat benda dan bukan benda. Puncak budaya Batak berasal dari Samosir. Penerapan komunitas budaya Batak di Samosir agar terbentuknya persatuan dalam rangka kemajuan masyarakyat adat dan budaya Samosir. Perlu adanya ketentuan komunitas adat Samosir. (josm01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.