Remaja Ini Dibuang Teman-temannya di Laut, Terombang Ambing 3 Jam Ditemukan Kru KRI Sembilang-850

Ridho Ilham saat ditemukan prajurit TNI AL yang sedang patroli.

JAKARTA, Jakartaobserver.com- Ridho Ilhami, bocah berusia 14 tahun, dibuang teman temannya di tengah laut, dan terombang ambing selama 3 jam sebelum ditemukan kru KRI Sembilang (SBL)-850 yang tengah patroli di perairan Barat Laut P Laki, Kepulauan Seribu pada Jumat (18/6/2021).
 
Setelah dilaksanakan pendalaman, Ridho Ilhami adalah pelajar seorang pelajar, anak dari Dulkair dan Maimunah yang beralamat di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.
 
“Kapal perang TNI Angkatan Laut KRI Sembilang-850 saat melaksanakan patroli rutin sekitar di perairan Barat Laut P. Laki melihat adanya kontak visual di haluan lambung kiri dengan jarak lebih kurang 100 meter benda terapung. Setelah didekati terdapat seorang anak kecil berenang di tengah laut sendirian,” tulis akun instagram tni_angkatan_laut, Minggu (20/6/2021).
 
Setelah memastikan bahwa sedang terdapat bocah terombang-ambing, ABK Kapal Sembilang-850 langsung menurunkan sekoci. Merekapun langsung menghampiri sang bocah.
 
Berdasarkan video viral yang diunggah @tni_angkatan_laut terlihat sang bocah terlihat tidak mengenakan baju. ABK kapal kemudian juga menyuruh untuk langsung naik ke sekoci.
 
“Ini di tengah laut loh, kamu kok disini,naik dulu,” ujar salah satu ABK Kapal Sembilang-850 dalam video.
 
Bocah tersebut berhasil diselamatkan dan dibawa ke KRI. Saat evakuasi, bocah dinyatakan dalam kondisi yang sehat dan dalam keadaan baik. “Anak tersebut berhasil dievakuasi ke KRI. Kondisi korban dalam keadaan baik dan sehat,” lanjutnya dalam video itu.
 
Dari pengakuan Ridho, dia dibuang oleh teman temannya. “Saya dibuang, Pak, sama teman-teman saya. Saya di-bully,” katanya.
 
Kru kapal pun terdengar simpatik pada bocah tersebut. “Lihat tangannya sampai kayak gini,” ujar salah seorang kru.

Usai diselamatkan dengan sekoci, Ridho dibawa dan diserahterimakan ke Posal Untung Jawa dan diterima Danposal Untung Jawa Serka Bah Sukirman.

Namun begitu, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono memberikan hadiah atas ketangguhan mental dan keberanian Ridho.

Apresiasi TNI AL kepada Ridho berstatus pelajar yang didampingi kedua orang tuanya tersebut berupa Tabanas, bingkisan, dan sepeda.
 
Pemberian apresiasi ini dilaksanakan di yang dilaksanakan di hanggar heli KRI Semarang-594 seusai Wakasal meninjau kesiapan kapal perang (KRI) yang akan melaksanakan manuver lapangan dalam latihan Armada Jaya ke XXXIX di dermaga Jakarta Intenational Container Terminal (JICT), Senin (21/6/2021).

“TNI AL mengapresiasi atas ketangguhan mental dan keberanianya di lautan yang medan tugas sama dengan kita. Inilah yang kita apresiasi, apalagi anak ini bercita-cita menjadi TNI AL. Kita perlu bantu karena mentalnya sudah tidak diragukan,” ujar Ahmadi saat memberikan sambutan.

Wakasal juga memberikan apresisasi dan rasa bangga kepada prajurit KRI Sembilang-850 yang telah dengan sigap dan cekatan dapat membantu masyarakat yang sedang kesulitan. Apresiasi kepada prajurit ini diterima langsung Komandan KRI Sembilang-850 Mayor Laut (P) Nanang Khunaifi.(jo17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.