Akhir Februari Indonesia Punya 81 Ribu Vaksinator, 1 Orang Bisa Suntik 40-50 Orang per Hari

Siti Nadia Tarmizi

JAKARTA, JO- Pemerintah terus memberbanyak sasaran vaksinasi Covid-19. Sesuai target Presiden Jokowi, pelaksanaan vaksinasi harus rampung 12 bulan. 

Juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan 40 ribu vaksinator tambahan sampai akhir Februari ini untuk memulai tahapan vaksin pada petugas pelayanan publik. 

Diharapkan, satu vaksinator dapat memberikan suntikan vaksin 40-50 orang per hari.

"Saat ini jumlah vaksinator sampai dengan akhir Januari berjumlah 40 ribu orang. Nanti di akhir Februari akan ditingkatkan mencapai 81 ribu orang. Dengan harapan 1 orang vaksinator itu bisa melakukan penyuntikan antara 40-50 suntikan per harinya," ungkap Nadia dalam webinar bersama RSUI, Sabtu (13/2/2021).

Selain menambah vaksinator, kementerian kesehatan memperluas tempat pelaksanan vaksinasi.
Bukan hanya di fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta.

Gelaran vaksinasi dapat diperoleh di institusi publik, seperti gedung Sabuga dan Graha Saba Permana UGM sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi massal.

"Nanti kita akan membuat jadwal-jadwal pelaksanaan vaksinasi di beberapa tempat sehingga memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses vaksinasi tersebut," jelas dia. 

Perempuan yang juga menjabat Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P ini mengapreasi kerja semua pihak dalam capaian satu juta lebih vaksinasi pada tenaga kesehatan yang dimulai pada pertengahan Januari lalu. (jo2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.